Smartphone Ubuntu Pertama Akan Hadir Bulan Oktober

Ubuntu Smartphone

Kalau sampai sekarang Anda belum menemukan sistem operasi mobile yang sesuai di hati Anda, jangan khawatir. Sebuah sistem operasi terbaru dari Ubuntu yang beberapa bulan terakhir ini cukup ramai dibicarakan akan segera hadir. Canonical, perusahaan di balik sistem operasi Ubuntu, mengatakan smartphone Ubuntu pertama akan segera hadir pada bulan Oktober tahun ini!

Berita ini disampaikan langsung oleh Mark Shuttleworth, pendiri dan CEO dari Canonical, kepada Wall Street Journal. Sebelum peluncuran smartphone Ubuntu perdana tersebut, para developer akan lebih dulu mendapatkan akses ke sistem operasi terbaru ini pada bulan Februari melalui Galaxy Nexus, seperti yang telah diberitakan sebelumnya. Dengan begitu, diharapkan pada saat peluncurannya nanti, akan sudah ada cukup banyak aplikasi yang dapat berjalan di atas platform ini.

Ubuntu adalah salah satu distro Linux yang paling populer. Ubuntu banyak digunakan untuk menjalankan komputer, server, maupun perangkat lain di perusahaan maupun rumahan.

Sayangnya belum ada informasi mendetail tentang vendor apa yang akan membuat smartphone Ubuntu pertama ini, maupun seperti apa spesifikasi yang akan terdapat di dalamnya. Tetapi Canonical mengutarakan bahwa akan mudah bagi para vendor yang sudah membuat smartphone Android untuk “melompat” dan membuat smartphone Ubuntu, dikarenakan kedua sistem operasi ini sama-sama didasari oleh Linux.

Bagi Anda yang penasaran seperti apakah sistem operasi Ubuntu yang dijalankan di smartphone, silakan baca artikel Techrity yang membahas tentang hal tersebut di sini.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.