Scroogled! Microsoft Mengatakan Gmail Melanggar Privasi Anda

Scroogled!

Microsoft baru saja membuat dua buah video yang memojokkan Google, mengatakan bahwa Google, melalui layanan mereka Gmail, telah melanggar privasi Anda dengan membaca isi email yang Anda kirimkan melalui Gmail.

Kampanye ini merupakan lanjutan dari kampanye berjudul Scroogled! dari Microsoft, yang intinya mengajak kita untuk menjauhi layanan Google karena berbagai alasan.

Di bagian atas halaman web Scroogled, Microsoft menulis “Anda pikir Google menghargai privasi Anda? Pikir Lagi.” Kemudian ada juga dua buah video yang menjelaskan apa maksud dari pernyataan tersebut. Di dalam kedua video tersebut digambarkan bahwa layanan Gmail dari Google telah melanggar privasi Anda karena “membaca” seluruh email yang Anda miliki, baik email masuk maupun email keluar. Menurut Microsoft, Google melakukan hal tersebut untuk memperkirakan iklan apa yang cocok untuk Anda, dan menampilkan iklan tersebut di samping email yang sedang Anda baca.

Mereka juga mengatakan bahwa Outlook.com, layanan email terbaru milik Microsoft, tidak melakukan hal tersebut. Mereka mengatakan bahwa “Outlook itu beda-Kami tidak membaca email-email Anda untuk menjual iklan.”

Untuk melihat penjelasan dan lengkap dari Microsoft mengenai hal ini, silakan lihat-lihat halaman Scroogled! yang telah mereka buat.

Wah, kelihatannya persaingan di dunia teknologi semakin memanas nih, perusahaan besar mulai sindir menyindir. Bagaimanakah menurut Anda? Apakah Anda suka dengan iklan berbentuk seperti ini?

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.