Intel Rilis SSD ‘Mini’, Cocok Untuk Tablet PC

SSD 525

Intel, perusahaan pembuat chip nomor satu di dunia, baru saja merilis seri SSD (solid state drive) terbaru miliknya. SSD tersebut adalah Intel Solid State Drive 525 Series dengan ukuran hanya 1/8 dari ukuran SSD normal yang digunakan pada komputer dan laptop.

Seperti diberitakan oleh NetworkWorld, Intel yang baru saja meluncurkan SSD ‘Mini’ tersebut kira-kira satu minggu lalu, menyiapkan SSD 525 Series dalam beberapa kapasitas antara lain 30GB, 60GB, 90GB, 120GB, 180GB, dan 240GB. SSD ‘Mini’ ini menggunakan arsitektur yang sama dengan SSD normal yang sebelumnya telah diproduksi Intel. SSD ini dapat digunakan di laptop atau tablet PC dengan kecepatan transfer data 6GB/s.

Intel juga mengatakan SSD ‘Mini’ ini memiliki kecepatan baca hingga 550MB/s serta kecepatan tulis mencapai 520 MB/s. Angka-angka tersebut hampir sama dengan kinerja Intel SSD 520 yang digunakan untuk PC.

Dengan meluncurkan SSD ‘Mini’ ini, Intel mencoba untuk melakukan penetrasi pasar ke pasar mobile (smartphone dan tablet PC) yang mana saat ini masih belum dikuasai oleh Intel seperti yang telah dilakukan oleh Intel pada pasar PC.

Mampukah Intel menggaet para produsen-produsen tablet PC untuk menggunakan produk terbarunya?

 

Sumber gambar: Intel

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.