Indonesia Terobsesi dengan BlackBerry 10

BlackBerry Z10 - Indonesia

Indonesia sepertinya akan tetap menjadi salah satu negara pengguna BlackBerry terbanyak. BlackBerry 10 baru saja diluncurkan bersama dengan dua smartphone terbarunya BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10. Sebuah studi di Twitter mengatakan bahwa Indonesia ‘terobsesi’ dengan BlackBerry 10, karena Indonesia adalah negara paling banyak nge-tweet mengenai peluncuran BlackBerry 10.

Seperti diberitakan oleh Mashable, sebuah studi di Twitter yang dilakukan oleh Salorix, sebuah perusahaan social media marketing, menganalisis sekitar 900 ribu tweets antara 29 Januari – 2 Februari, yang mana peluncuran BlackBerry 10 dilaksanakan pada tanggal 30 Januari.

Hasilnya, Indonesia adalah negara yang paling banyak nge-tweet soal BlackBerry 10, setelah itu diikuti dengan Amerika Serikat dan Kanada. Kanada adalah markas utama dari Research In Motion yang kini telah berganti nama menjadi BlackBerry. Indonesia menduduki peringkat pertama dengan persentasi sekitar 15% dari jumlah keseluruhan tweet mengenai BlackBerry 10.

Wajar saja, Indonesia adalah salah satu pasar yang paling penting bagi BlackBerry, serta Indonesia memiliki dua kota paling aktif nge-tweet di Twitter. Setengah dari total pengiriman dan penjualan smartphone yang terjadi di Indonesia pada tahun 2012 adalah smartphone BlackBerry.

Meskipun menurut Mobile Monday, saat ini hanya sekitar 20% dari total keseluruhan handphone yang ada di Indonesia adalah smartphone, tetapi Indonesia sudah menjadi negara ketiga terbanyak pengguna BlackBerry setelah Amerika Serikat dan Kanada. Jadi bisa Anda bayangkan betapa kuat dan pentingnya pasar Indonesia bagi BlackBerry?

Salah satu faktor penarik BlackBerry 10 adalah BlackBerry 10 bisa menjalankan aplikasi Android (sebentar lagi aplikasi di Android Jelly Bean) meskipun tidak secara langsung, serta tidak membutuhkan paket internet khusus lagi. Apakah Anda tertarik dengan kehadiran BlackBerry 10?

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.