Find Your Way to Oz, Chrome Experiment Terbaru dari Google dan Disney

Find Your Way to Oz

Apa yang biasa Anda lakukan dengan web browser Anda? Online di media sosial? Dengan eksperimen Chrome terbaru, Anda dapat masuk ke dunia Oz dengan menggunakan web browser Chrome!

Anda tidak perlu kekuatan magis untuk menyelusuri jalan berbatubatu bata kuning. Cukup arahkan browser favorit Anda ke Chrome Experiment terbaru, “Find Your Way to Oz” (Cari Jalan ke Oz). Eksperimen ini dikembangkan oleh Disney dan UNIT9 untuk mengantisipasi film keluaran Disney yang akan dirilis dalam waktu dekat, Oz The Great and Powerful. Eksperimen ini akan membawa Anda berjalan-jalan di dalam sebuah sirkus, mengikuti jejak dari sang Wizard sendiri.

Seperti sirkus lainnya, ada banyak atraksi yang akan menghibur Anda. Anda bisa mengomposisi musik, bermain dengan bilik foto serta membuat film sendiri dengan sebuah zoetrope.

Ada juga sebuah tornado yang menakutkan, dan kalau selamat, perjalanan akan berakhir dan Anda akan dapat menonton sebuah video  eksklusif dari film yang belum dirilis ini.

Eksperimen Chrome seperti “Cari Jalan ke Oz” tidak mungkin dibuat beberapa tahun yang lalu. Sekarang, dunia web telah berkembang dan memungkinkan para developer dan desainer untuk menciptakan sebuah pengalaman yang indah. Untuk “Cari Jalan ke Oz”, antarmuka 3D dibangun sepenuhnya dengan teknologi baru seperti WebGL dan CSS3. Hal tersebut diperkuat dengan efek audio dari Web Audio API. Bilik foto dan zoetrope dibangun menggunakan fitur getUserMedia dari WebRTC, yang memberikan akses halaman web ke kamera dan mikrofon komputer (tentunya dengan izin Anda).

Untuk pengalaman terbaik, Anda perlu menggunakan komputer terkini yang bisa menangani gambar-gambar grafis yang cukup intens. Eksperimen ini juga bekerja lebih baik dengan webcam dan browser modern yang mendukung WebGL dan WebRTC, seperti Chrome. Untuk pengguna tablet atau smartphone, kita memiliki eksperimen yang lebih kecil namun dengan pengalaman yang sama menyenangkan dengan browser Chrome terbaru pada perangkat Android, iPhone, atau iPad.

Jika Anda ingin mengetahui mengenai eksperimen ini lebih lanjut atau bergabung dengan dunia sirkus pengembang, Anda bisa mendapatkan penjelasan tentang teknologi yang digunakan di blog Chromium atau studi kasus teknis.

Mulailah perjalanan Anda menuju jalan batu bata kuning di www.findyourwaytooz.com.

 

via Google Indonesia

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.