Aplikasi Android Jelly Bean Akan Bisa Digunakan di BlackBerry 10

The New BlackBerry 10

BlackBerry 10 adalah sebuah platform ekosistem terbaru dari BlackBerry yang cukup menjanjikan. Dengan dua gadget terbarunya BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10 serta akan datang juga tablet BlackBerry 10, BlackBerry 10 kini tidak lagi membutuhkan paket internet khusus untuk menggunakannya. Kini dikabarkan bahwa aplikasi Android Jelly Bean akan bisa digunakan di BlackBerry 10.

Tentunya hal ini tidak secara langsung dapat dilakukan oleh para pengguna BlackBerry 10, tetapi harus dilakukan oleh para developer aplikasi tersebut. Sebelumnya, BlackBerry 10 memang memiliki SDK (software development kit) yang memungkinkan developer yang telah membuat aplikasi untuk Android 2.3 (Gingerbread) dapat dengan mudah mem-porting aplikasi tersebut ke platform BlackBerry 10 tanpa harus melakukan ‘coding ulang’.

Kini, seperti yang telah dikonfirmasikan oleh Engadget, tidak hanya aplikasi untuk Android Gingerbread saja yang dapat di-porting ke BlackBerry 10, tetapi aplikasi Android yang dibuat untuk Android Jelly Bean juga akan dapat di-porting ke BlackBerry 10. Artinya aplikasi-aplikasi yang dapat dijalankan di Android Jelly Bean nantinya juga akan dapat dijalankan di BlackBerry 10.

Inilah adalah sebuah langkah yang cukup brilian dari BlackBerry untuk ‘mencuri’ para developer Android agar mau membuat aplikasi di BlackBerry 10 tanpa harus bersusah payah untuk melakukan ‘coding ulang’. Dengan hal ini maka BlackBerry 10 akan memiliki aplikasi dengan kualitas yang kurang lebih sama dengan Android Jelly Bean.

Anda sebagai developer tertarik untuk melakukan hal ini? Atau Anda sebagai pengguna, semakin tertarik untuk mencoba menggunakan BlackBerry 10?

Jika strategi BlackBerry memang berhasil untuk menarik developer masuk ke platform BlackBerry 10 maka kita akan melihat pertumbuhan jumlah aplikasi yang sangat signifikan di BlackBerry World dalam beberapa waktu yang akan datang.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.