Jurus-jurus Berinternet Aman dari Google

Tenang Rasanya

Di era seperti sekarang, kehidupan kita seakan tidak dapat lepas dari internet. Kita menggunakan internet untuk melakukan banyak hal, mulai dari bersosialisasi, mencari informasi, hingga berbagi keceriaan. Bagaimanakah cara-cara untuk menjaga keamanan berinternet? Mari lihat saran-saran yang diberikan oleh sahabat kita saat ber-internet, Google.

Teknologi kadang-kadang cukup rumit, tapi Anda tidak perlu menjadi seorang ilmuwan komputer atau ahli keamanan memastikan diri Anda aman di dunia online. Melindungi pengguna internet merupakan salah satu prioritas utama Google.  Google terus berinvestasi untuk membuat Google menjadi layanan terbaik yang bisa Anda andalkan, dengan fitur keamanan dan privasi yang bekerja selama 24 jam, 7 hari non-stop.

Sebagai hasil dari visi tersebut, Google pada tahun ini meluncurkan halaman berjudul “Good to Know” (bahasa Indonesia: “Tenang Rasanya“).

Halaman tersebut merupakan edukasi konsumen dari Google yang berfokus untuk membuat dunia web menjadi lebih aman dan nyaman. Hari ini, di Hari Internet Aman, Google memperbarui “Tenang Rasanya” untuk menambahkan beberapa tips dan saran untuk membantu melindungi Anda dan keluarga dari pencuri maupun penipuan online. Anda juga dapat mempelajari bagaimana membuat komputer atau perangkat Anda menjadi lebih aman dan mendapatkan informasi yang lebih bermanfaat dari web.

Sebagai informasi, Google mengenkripsi lalu lintas data dari Gmail dan pencarian di Google antara komputer Anda dengan server Google. Hal tersebut melindungi aktivitas Anda di Google agar tidak disadap oleh pihak lain. Google juga mengimplementasi enkripsi SSL di dalam layanan Google Drive.

Walaupun Anda tidak menggunakan layanan Google, Google tetap berusaha untuk membuat dunia internet lebih aman untuk Anda. Setiap harinya Google mengidentifikasi lebih dari 10.000 situs web yang tidak aman, dan memberitahukan pengguna serta perusahaan web lainnya tentang apa yang mereka temukan.

Dan apabila Anda sangat peduli akan keamanan di dunia internet, coba lihat informasi mengenai verifikasi 2 langkah (2 step verification) untuk menjaga akun Anda tetap aman.

Jangan lupa untuk mengunjungi situs Tenang Rasanya yang tadi telah dibahas, dan silakan luangkan waktu Anda untuk mencari tahu bagaimana cara menjaga agar Anda dan keluarga Anda tetap aman di internet.

Selamat berinternet!

 

 


Dikutip dan disadur ulang dari tulisan Alma Whitten, Director of Privacy, Product and Engineering, Google.

via Google Indonesia

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.