Axis Mempersiapkan Jaringan LTE Untuk Indonesia

Axis

Generasi keempat dari era telekomunikasi setelah 3G adalah 4G, yang mana ada dua jenis 4G yaitu WiMax dan LTE. WiMax sendiri sudah sempat memasuki pasar Indonesia walaupun sampai saat ini belum ada tanda-tanda keberhasilan. Kini, jaringan 4G yang sukses di dunia, 4G LTE, akan segera memasuki Indonesia melalui salah satu operator telekomunikasi di Indonesia, Axis.

Seperti diberitakan oleh KompasTekno, operator telekomunikasi Axis akan mempersiapkan uji coba jaringan Long Term Evolution (LTE) pada bulan April 2013 mendatang. Dengan hal ini berarti, Axis adalah operator telekomunikasi pertama di Indonesia yang akan membawa teknologi 4G LTE ke Indonesia.

Anita Avianty, Head of Corporate Communications Axis, mengatakan:

Kami akan melakukan trial LTE di pertengahan April. Wilayah uji cobanya belum diketahui.

Saat ini, Axis sendiri sudah melayani sekitar 45TB transaksi data per hari. Uji coba LTE dari Axis akan dilakukan pada frekuensi 1.800MHz. Sebagai informasi, frekuensi LTE 1.800MHz merupakan frekuensi yang paling sering digunakan oleh penyedia jasa LTE di beberapa negara.

Jika uji coba layanan LTE Axis di Indonesia berhasil, maka bagi Anda yang sudah menggunakan smartphone-smartphone yang mendukung layanan LTE seperti iPhone 5 akan bisa menikmati internet dengan kecepatan yang luar biasa. Semoga saja uji coba ini dapat berhasil dilaksanakan dan dapat digunakan juga oleh seluruh masyarakat Indonesia, serta menjadi batu loncatan bagi jaringan telekomunikasi dan internet di Indonesia.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.