[Intermezzo] Apa Yang Terjadi Kalau Bola Ping Pong Berkecepatan Suara Ditembakkan ke Bat?

Bola Ping Pong Supersonik

Tenis meja, atau yang juga dikenal dengan ping pong adalah salah satu olahraga yang cukup populer di Jakarta. Salah satu alasannya adalah selain murah, olahraga ini juga tidak membutuhkan tempat yang luas, sehingga sangat cocok di Jakarta yang lahannya semakin sempit. Namun pernahkah Anda membayangkan apa yang terjadi kalau bola ping pong ditembakkan ke batnya dalam kecepatan suara?

Video ini dibuat oleh seorang profesor di Purdue University, Mark French. Ia membuat sebuah mekanisme yang memungkinkan untuk menembakkan sebuah bola ping pong dalam kecepatan 1,2 Mach (sekitar 1.500 Kilometer per jam). Wow!

Berikut adalah video berisi penjelasan lengkap dan disertai dengan praktik penembakan bola ping pong dalam kecepatan 1,2 Mach. Untuk yang ingin melewati penjelasannya dan langsung melihat penembakannya, silakan langsung lompat ke menit 5.40.

Ingat: jangan coba melakukan ini di rumah Anda (atau di rumah teman Anda)!

Ternyata bola ping pong yang terasa ringkih tersebut kalau ditembakkan dengan kecepatan suara dapat menembus bat! Apa yang terjadi kalau kita menembakkan bola bowling dengan kecepatan suara, ya?

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.