HP Memperkenalkan Chromebook Pertamanya, HP Pavilion 14

HP Pavilion 14 - Chromebook

HP selama ini dikenal sebagai produsen laptop dan komputer yang selalu mengusung laptop dan komputernya dengan sistem operasi Windows atau Linux. Kini HP secara resmi mengumumkan laptop pertamanya yang menggunakan sistem operasi dari Google, Chromebook.

Seperti diberitakan oleh TheNextWeb, HP mencoba peruntungannya dalam menjual Chromebook dan secara resmi mengumumkan laptop pertamanya dengan sistem operasi Chromebook, HP Pavilion 14. Yang menarik harga laptop ini tergolong cukup murah yaitu US$329,99 atau sekitar 3 juta rupiah saja (US$1 = Rp 9.000).

Inilah spesifikasi HP Pavilion 14 dengan Chromebook:

  • Layar 14 inci,
  • Prosesor Intel Celeron Processor 847 1,1 GHz,
  • 2GB RAM (dapat di upgrade hingga 4GB),
  • 16GB SSD drive,
  • HDMI output,
  • 3 slot USB,
  • terdapat slot SD card,
  • webcam.

HP mengikuti langkah Samsung, Acer, dan Lenovo untuk membuat laptop dengan basis sistem operasi Chromebook. Dengan menggunakan Chromebook, sebuah laptop tidak memerlukan spesifikasi yang terlalu tinggi sehingga harga laptop tersebut menjadi tidak mahal.

HP Pavilion 14 menawarkan ukuran layar yang lebih besar dibandingkan dengan laptop Chromebook dari Samsung, Acer, dan Lenovo.Selain itu, daya tahan baterai laptop ini dikatakan HP dapat mencapai sekitar 4 jam. Kapasitas daya tahan ini di bawah laptop dengan Chromebook lainnya yang rata-rata dapat mencapai sekitar 6 jam.

Saat ini laptop ini hanya tersedia di Amerika Serikat. Wajar saja, saya rasa jika masuk pasar seperti Indonesia tidak akan laku, mengingat Chromebook adalah sistem operasi yang berbasiskan internet, sehingga infrastruktur penunjang pengguna laptop dengan sistem operasi Chromebook harus sudah sangat baik.

Apakah Anda tertarik untuk memiliki laptop dengan sistem operasi Chromebook?

 

Sumber gambar: HP

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.