Aplikasi Windows Akan Segera Bisa Dijalankan di Android

Windows - Android

Pernahkah Anda sebagai pengguna membayangkan aplikasi-aplikasi hebat yang selama ini ada di sistem operasi Windows dapat berjalan di Android? Atau sebaliknya, Anda sebagai developer membayangkan aplikasi-aplikasi yang Anda buat di Windows tidak perlu di-‘coding ulang’ untuk bisa berjalan di Android? Sebentar lagi mimpi Anda akan menjadi kenyataan, Wine for Android akan segera hadir.

Ya, Wine akan segera hadir di Android. Bagi Anda yang belum kenal dengan Wine, Wine atau WINdows Emulator adalah sebuah aplikasi open source yang memungkinkan aplikasi yang didesain untuk sistem operasi Windows untuk berjalan di sistem operasi berbasis Unix seperti Linux dan platform-platform lainnya yang bukan milik Microsoft.

Seperti diberitakan oleh Phoronix, saat ini Alexander Julliard, sang pembuat dan pengembang Wine, tengah mengembangkan Wine for Android. Julliard saat ini bekerja untuk CodeWeavers dan di perusahaan ini ia terus mengembangkan aplikasi Wine yang nantinya memungkinkan Anda untuk melakukan porting aplikasi yang berjalan di Windows agar bisa berjalan di Android.

Alexander Julliard

Menariknya, Julliard menggunakan MacBook untuk mengerjakan aplikasi ini dan untuk melakukan uji coba porting ke Android ia masih menggunakan sejenis emulator Android tidak menggunakan smartphone atau tablet Android secara langsung. Tetapi, Anda masih harus menunggu untuk beberapa saat karena kinerja Wine for Android hasil uji coba masih lambat dan akan terus dikembangkan.

Aplikasi ini memang sangat menjanjikan dan nantinya bisa sangat berguna bagi para developer dan para pengguna itu sendiri. Bagaimana menurut Anda?

 

Sumber gambar: technabobPhoronix

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.