Oracle Meluncurkan Java 7 Update 13 Untuk Menanggapi Permasalahan Pada Java

3 billion devices run java

Apple baru saja memblokir Java didalam sistem operasinya untuk kedua kalinya pada bulan ini, hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan para pengguna produk-produknya sesuai dengan peringatan Homeland Security. Menanggapi permasalahan tersebut, Oracle segera bertindak cepat dan mengeluarkan update terhadap Java, yaitu Java 7 Update 13.

Melalui blognya, Oracle mengumumkan Java 7 Update 13 untuk mengatasi 50 titik kerentanan. Update yang diberi nama “February 2013 Critical Patch Update for Java SE” tersebut diluncurkan lebih cepat dua minggu dari jadwal peluncurannya, 19 Februari. Oracle mempercepat peluncuran update Java tersebut untuk mengatasi kerentanan Java pada web browser.

Dari 50 titik kerentanan yang telah diperbaiki Oracle, 44 diantaranya mempengaruhi para pengguna Java di web browser, yang mana para ‘penyerang’ menggunakan kerentanan ini melalui Java Web Start applications dan Java applets. Artinya, 44 titik kerentanan ini adalah titik yang digunakan secara langsung oleh para pengguna Java.

3 titik kerentanan yang telah diperbaiki Oracle dilakukan pada client and server deployment of Java. Artinya, 3 titik kerentanan ini adalah titik yang terdapat di server, yang mana pada akhirnya juga bisa menyerang para pengguna Java. 2 titik kerentanan lainnya yang telah diperbaiki Oracle dilakukan pada server deployment, dan 1 titik kerentanan terakhir adalah pada saat instalasi JRE.

Untuk keamanan komputer dan data-data pada komputer Anda, sebaiknya Anda segera meng-upgrade Java di komputer Anda menjadi Java 7 Update 13. Anda bisa men-download-nya secara langsung melalui website Oracle, Java SE 7u13.

Tetapi jika Anda masih tidak yakin dengan fitur keamanan pada Java milik Oracle, serta Anda tidak membutuhkan Java di web browser Anda, maka Anda bisa mematikkan Java untuk web browser Anda dengan mengikuti tutorial “Bagaimana cara menonaktifkan Java di Browser“.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.