Twitter Kena Hack, 250 Ribu Akun Terancam. Segera Ganti Password Anda!

twitter-hack

Minggu-minggu ini memang banyak hal-hal ‘aneh’ yang terjadi seputar dunia teknologi, terutama yang menyerang di Amerika Serikat dan perusahaan-perusahaan media. Mulai dari hacking yang terjadi di website New York Times dan Wall Street Journal. Tidak hanya itu, Apple dan Mozilla juga mematikan Java menyusul peringatan dari Homeland Security. Dan kali ini, giliran Twitter yang terkena ‘serangan’.

Melalui blog Twitter, Director of Information Security dari Twitter, Bob Lord, mengatakan:

This week, we detected unusual access patterns that led to us identifying unauthorized access attempts to Twitter user data. We discovered one live attack and were able to shut it down in process moments later.

Minggu ini, kami mendeteksi pola akses yang tidak biasa yang menyebabkan kita mengidentifikasi upaya akses tidak sah ke data pengguna Twitter. Kami menemukan satu serangan di saat seranga tersebut sedang terjadi, dan mampu menanggulanginya beberapa saat kemudian.

Ada sesuatu yang coba mengakses data-data para pengguna Twitter secara tidak sah atau melalui cara hacking. Meskipun mungkin dampak dari serangan ini belum terasa atau terjadi secara langsung, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi di masa yang akan datang, terutama apabila sang hacker sudah mendapatkan data-data Anda.

Ia melanjutkan:

However, our investigation has thus far indicated that the attackers may have had access to limited user information – usernames, email addresses, session tokens and encrypted/salted versions of passwords – for approximately 250,000 users.

Namun, penyelidikan kami sejauh ini menunjukkan bahwa para penyerang mungkin memiliki akses ke informasi pengguna secara terbatas – nama pengguna, alamat email, token sesi dan kata sandi terenkripsi – milik sekitar 250.000 pengguna.

Untuk menanggulangi masalah ini, Twitter sudah melakukan tindakan pengamanan dengan cara me-reset password dan membatalkan sessions tokens untuk akun-akun yang mungkin telah terkena serangan.

Bob Lord tidak mengatakan siapa yang mungkin berada di balik serangan itu, namun Bob Lord mengatakan bahwa Twitter bekerja sama dengan penegak hukum federal untuk menemukan dan mengadili para penyerang. Ia juga mengatakan:

This attack was not the work of amateurs, and we do not believe it was an isolated incident.

Serangan ini bukanlah pekerjaan seorang amatir, dan kami percaya ini bukanlah insiden yang terisolasi.

Dan untuk lebih menegaskan pernyataan sebelumnya, Bob menambahkan:

The attackers were extremely sophisticated, and we believe other companies and organizations have also been recently similarly attacked.

Para penyerang bekerja dengan sangat canggih, dan kami percaya ada beberapa perusahaan maupun organisasi lain yang baru-baru ini diserang dengan cara yang sama.

Para pengguna Twitter yang akunnya dianggap menjadi korban akan dikirimi email dan diminta untuk mengganti kata sandi akun mereka. Apabila Anda adalah pengguna Twitter, silakan cek inbox email Anda, dan apabila ada email dari Twitter terkait penggantian kata sandi, segeralah ganti kata sandi Anda.

Walaupun Anda tidak mendapatkan email tersebut, saran dari Techrity untuk menjaga keamanan akun Twitter Anda, lakukanlah tiga hal berikut ini:

1. Ganti password Twitter Anda

Caranya:

  • Masuk ke website Twitter menggunakan akun Anda,
  • Masuk ke menu Settings – Password (bahasa Indonesia: Pengaturan – Kata sandi) atau setelah login kunjungi halaman ini,
  • Ubah password akun Twitter Anda, pastikan tidak sama dengan password sebelumnya atau dengan email Anda.

2. Review Aplikasi yang terintegrasi dengan akun Twitter Anda

Anda bisa melihat tutorialnya pada artikel Techrity: “Bersihkan Akun Social Network Anda dari Aplikasi Menggangu“.

3. Nonaktifkan Java di Web Browser Anda

Anda bisa melihat tutorialnya pada artikel Techrity: “Bagaimana Cara Menonaktifkan Java di Browser“.

 

Sumber gambar: Voice of Grey Hat

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.