Penjualan Tablet di Akhir 2012 Melonjak, Apple Masih Memimpin, Samsung Mempertipis Ketertinggalan

Kalau iPhone sedang menuai sukses dengan menjadi smartphone dengan penjualan tertinggi di Amerika Serikat pada akhir tahun 2012, Apple tetap harus waspada. Pasalnya, di pasar tablet, Apple yang selama ini mendominasi dengan iPad-nya, harus merelakan sedikit pangsa pasarnya turun dan di”makan” oleh pesaingnya, Samsung.

Di kuartal terakhir (Oktober-Desember) tahun 2012 ini, penjualan tablet melonjak jauh dari 29,9 juta unit pada kuartal terakhir tahun 2011 menjadi 52,5 juta unit pada periode yang sama di tahun 2012. Bandingkan dengan 89,8 juta unit PC yang terjual pada periode yang sama, kita dapat melihat pergeseran tren di sini, di mana orang-orang mulai berpindah dari PC ke komputer tablet.

Yang menarik dari angka yang dirilis oleh IDC tersebut adalah Samsung mengalami lonjakan yang cukup signifikan dalam hal pangsa pasar. Kalau pada kuartal terakhir tahun 2011 Samsung hanya menguasai 7,3% pangsa pasar dengan menjual 2,2 juta unit komputer tablet, maka pada kuartal terakhir tahun 2012 ini Samsung berhasil menguasai 15,1 pangsa pasar berkat penjualannya yang meningkat hampir empat kali lipat menjadi 7,9 juta unit.

Sementara itu yang bertengger di paling atas sampai sekarang masih Apple dengan iPad-nya. Kalau pada kuartal terakhir tahun 2011 yang lalu Apple berhasil menjual 15,5 juta iPad dan meraih pangsa pasar 51,7%, maka pada kuartal yang sama tahun 2012 ini, meskipun penjualan Apple meningkat menjadi 22,9 juta unit, pangsa pasar mereka harus turun ke angka 43,4%.

Sementara itu di posisi ketiga ada Amazon yang berhasil menjual 6 juta unit tablet di kuartal terakhir tahun 2012, naik dari 4,7 juta unit di kuartal yang sama tahun 2011.

Salah satu vendor yang mengalami lonjakan penjualan lain adalah ASUS. Di kuartal terakhir tahun 2011, ASUS hanya sanggup menjual 600 ribu unit komputer tablet (2,0% pangsa pasar), dan di tahun 2012 mereka berhasil menjual 3,1 juta unit (5,8% pangsa pasar), kemungkinan besar karena kesuksesan Nexus 7, salah satu tablet Android yang paling sukses saat ini.

Bagaimana dengan Microsoft? Microsoft masuk ke pasar tablet pada akhir tahun 2012 dengan tablet Surface keluaran mereka. Sayangnya penjualan Surface sendiri, menurut IDC, tidak terlalu baik, yaitu hanya 900 ribu unit, sehingga tidak cukup untuk membuat Microsoft masuk ke dalam lima vendor teratas.

Berikut adalah tablet penjualan tablet di kuartal keempat tahun 2012, hasil penelitian dari IDC.

IDC Tablet Q4 2012

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.