Lelah Mendesain Website Karena IE? Modern IE Solusinya

Microsoft memang tengah berusaha keras untuk me-re-branding Internet Explorer (IE) dari sebuah browser yang terkesan ‘jelek’ di mata para developer dan designer dengan berbagai cara. Mulai dari mengatakan bahwa IE 10 adalah browser terbaik untuk Windows 8, kampanye “The Browser You Loved To Hate“, dan terakhir melalui nostalgia tahun 90-an. Kini Microsoft menghadirkan Modern IE.

Modern IE adalah sebuah layanan dari Microsoft untuk Anda para web developer dan web desainer, Anda kini tidak perlu membutuhkan banyak komputer, laptop, dan gadget-gadget. Dengan menggunakan Modern IE, Anda dapat menggunakan tools yang (sebagian) gratis yang disediakan oleh Microsoft.

Modern IE menghadirkan tiga layanan, antara lain:

1. Scan a webpage

Scan a webpage

Melalui layanan “Scan a webpage“, Modern IE membantu Anda mendeteksi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada browser Anda agar kompatibel dengan browser-browser IE versi lama. Dan Anda dimudahkan karena hasil kesalahan-kesalahan tersebut dalam bentuk laporan yang mudah dibaca dan dipahami, bahkan Anda bisa men-download laporan tersebut dalam bentuk pdf.

Website scanner ini masih dalam tahap beta dan dikarenakan siapa saja bisa mengakses website apapun untuk melakukan scanning, maka untuk keamanan Microsoft tidak menampilkan secara mendalam tentang laporan yang dihasilkan dari hasil scanning sebuah webpage. Karena jika ditampilkan cukup detil, maka bisa jadi orang lain akan mengetahui titik rawan website tersebut.

Microsoft mengatakan:

For security and privacy reasons, we don’t disclose these technical details on the site. Instead, developers can easily contact us, receive this info, and get IE engineering team support at no cost.

Untuk alasan keamanan dan privasi, kami tidak mengungkapkan rincian teknis di situs. Sebaliknya, pengembang dapat dengan mudah menghubungi kami, menerima info ini, dan mendapatkan dukungan dari tim IE tanpa biaya.

2. BrowserStack

Dengan BrowserStack, Anda bisa mencoba website yang Anda buat dan melihat hasilnya secara langsung pada berbagai macam web browser yang ada pada berbagai macam gadget. Sehingga Anda tidak perlu memiliki gadget tersebut satu per satu. Microsoft bekerjasama dengan BrowserStack dengan memberikan free testing selama 3 bulan.

3. Code with standard

Code with standard adalah tips-tips dari Microsoft untuk melakukan coding atau membuat program dengan mengikuti standarisasi tertentu, sehingga website yang Anda buat nantinya akan bisa kompatibel dengan browser IE versi lama.

Layanan ini dihadirkan Anda untuk mengatasi permasalahan sehari-hari Anda dalam membuat web ketika berhadapan dengan IE. Namun tak hanya itu, layanan ini juga dapat membantu Anda membuat website yang modern.

Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi website Modern IE. Semoga bermanfaat.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.