[Intermezzo] Jam yang Terbuat dari LEGO

LEGO Clock

Kalau Anda sedang bermain LEGO, biasanya bentuk apa yang Anda buat? Jason Allemann meng-upload sebuah video di YouTube yang memamerkan sebuah LEGO yang dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi sebagai jam. Seperti apakah cara kerjanya?

Memiliki bentuk yang sama sekali tidak seperti jam, mesin ini dapat berfungsi sebagai jam, dan kita dapat melihat sekarang jam berapa dengan menghitung jumlah bola yang ada di setiap lantai.

Lantai paling bawah menggambarkan jam, lantai tengah menggambarkan menit (dalam puluhan), dan lantai paling atas menggambarkan menit (dalam satuan).

Di bagian belakang mesin ini terdapat rantai yang terus berputar dan berfungsi untuk “menjemput” bola dari tempat penyimpanannya di paling bawah. Rantai yang ada tersebut kemudian akan berputar dan setiap menit akan menambahkan satu bola ke lantai yang paling atas.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat saja video yang di-upload oleh Jason Allemann di YouTube di bawah ini.

Unik sekali ya cara kerjanya, kira-kira apakah Anda punya ide membuat sesuatu hal lain dari LEGO?

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.