[Infografis] Seperti Apakah Pengaruh Layanan Pemetaan Terhadap Ekonomi Dunia?

Bagaimanakah pengaruh aplikasi pemetaan (mapping) terhadap ekonomi di dunia? Google baru-baru ini meminta tolong peneliti global dari Oxera untuk melakukan riset terhadap seberapa besar pengaruh pemetaan pada perekonomian dunia. Mari simak infografisnya.

Dua puluh tahun yang lalu, kita menggunakan peta “tradisional” yang dicetak di atas kertas sebagai panduan kita untuk berjalan-jalan keliling dunia. Sekarang, teknologi pemetaan digital semakin canggih, seperti halnya foto satelit maupun fitur GPS yang semuanya dapat dinikmati di dalam aplikasi Google Maps di beberapa platform mulai dari komputer, laptop, sampai dengan¬†smartphone seperti Android dan iOS.

Menurut sebuah blogpost yang ditulis sendiri oleh VP Google Geo, Brian McClendon, Secara global, industri jasa geospasial bernilai sekitar $270 miliar (sekitar 2.630 triliun rupiah) per tahun dan pengeluaran sebesar $90 miliar (sekitar 870 triliun rupiah) untuk menggaji orang-orang yang bekerja di dalamnya. Di Amerika Serikat sendiri, bidang pekerjaan ini mempekerjakan 500.000 orang dan bernilai sekitar $73 miliar (sekitar 711 triliun rupiah)

Infografis di bawah ini menggambarkan beberapa contoh dari aplikasi pemetaan, mulai dari penghematan bahan bakar sampai dengan peningkatan irigasi tanah.

Pengaruh Geo Service

 

Dapat kita lihat bahwa peta telah menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan kita di era teknologi seperti ini. Ke depannya dapat dipastikan bisnis yang memanfaatkan aplikasi pemetaan dengan inovatif akan semakin bertambah. Sudahkan bisnis Anda menggunakan aplikasi pemetaan agar lebih mudah dan efisien?

Tulisan ini disadur dari GoogleBlog, via Google Indonesia.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.