BlackBerry 10 Masuk Indonesia Maret dan Tidak Perlu Paket Internet Khusus

BlackBerry 10 baru saja diperkenalkan kepada dunia bersama dengan smartphone andalannya BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10. Dan, ya, pasar Indonesia adalah pasar yang sangat diperhitungkan oleh BlackBerry itu sendiri yang baru saja berganti nama dari RIM. Kapan smartphone BlackBerry 10 akan masuk Indonesia?

BlackBerry 10 masuk Indonesia

Secara resmi, perusahaan BlackBerry belum memberi keterangan dan pernyataan terkait kehadiran produk-produk ini di Indonesia. Namun para distributor dan operator seluler nampaknya juga sudah tidak sabar untuk menjual BlackBerry 10 di Indonesia.

Seperti diberitakan oleh KompasTekno, Direktur Pemasaran XL Axiata, Joy Wahyudi, mengatakan:

Pekan pertama di bulan Maret, kita siap sambut BlackBerry 10.

Begitu juga dengan pernyataan dari Djatmiko Wardoyo, Direktur Pemasaran dan Komunikasi Erajaya Group, kepada KompasTekno:

Kabar yang tersiar di industri, BlackBerry 10 memang akan masuk Maret. Tapi, kita belum tahu produk mana yang akan masuk lebih dulu, termasuk harganya. Ini semua dikendalikan oleh BlackBerry.

Sedangkan Division Head Device Bundling and Customization Strategy dari Telkomsel, Arief Pradetya, mengatakan bahwa Telkomsel juga akan mengadakan program bundling untuk semua perangkat andalan dari produsen smartphone, termasuk BlackBerry 10.

Artinya sudah banyak pihak yang mengatakan bahwa siap memasukkan BlackBerry 10 ke Indonesia, bahkan dengan penawaran-penawaran khusus seperti program bundling, atau mungkin pre-order, dan lain sebagainya.

Paket internet

Menariknya, BlackBerry 10 akan sangat berbeda jauh dari smartphone-smartphone BlackBerry pendahulunya, tidak hanya dalam spesifikasi, bentuk fisik, dan kemampuan, tetapi juga dalam hal paket internet. Selama ini pengguna BlackBerry diwajibkan menggunakan paket khusus atau yang lebih dikenal dengan BIS (BlackBerry Internet Service) untuk bisa menggunakan layanan BBM (BlackBerry Messenger). Jika Anda tidak berlangganan BIS dan menggunakan WiFi atau internet lainnya, Anda tetap tidak bisa menggunakan BBM.

Tetapi revolusi BlackBerry juga sampai pada tahap paket internet, yang mana kini para pengguna smartphone BlackBerry 10 tidak memerlukan paket internet BIS, cukup berlangganan paket internet biasa saja (sama seperti smartphone iPhone atau Android).

Joy Wahyudi pun mengatakan kepada KompasTekno:

BlackBerry 10 itu seperti smartphone pada umumnya. Cukup langganan data dari operator, semua internet sudah jalan termasuk untuk BBM-an.

 

Sumber gambar: Engadget

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.