Peluncuran BlackBerry 10, Saham BlackBerry Turun 12%

Stocks

Performa perusahaan, termasuk dalam meluncurkan produk baru, akan sangat mempengaruhi saham dari perusahaan tersebut, terutama perusahaan-perusahaan yang sudah menjual sahamnya di pasar saham. Lalu bagaimana dengan saham BlackBerry pada hari BlackBerry meluncurkan BlackBerry 10 bersama dengan smartphone terbarunya?

Seperti diberitakan oleh VentureBeatdebut dari BlackBerry 10, serta BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10 nampaknya belum membuat para investor yang menanamkan modalnya di BlackBerry (perusahaan yang dulunya dikenal dengan nama RIM atau Research In Motion). Dengan ditutupnya perdagangan saham pada hari peluncuran BlackBerry 10, saham BlackBerry turun lebih dari 12%.

Apakah ini menandakan bahwa BlackBerry 10 kurang mengesankan bagi para investor?

BlackBerry sendiri selama ini tengah dalam masa-masa ‘perjuangan’ untuk menjauhi zona kebangkrutan dan agar bisa kembali untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan pembuat smartphone dan sistem operasi lainnya seperti Google, Apple, Samsung, dan para pemain besar lainnya.

Menanggapi perubahan nama perusahaan RIM menjadi BlackBerry, BlackBerry mengubah simbol di NASDAQ dari “RIMM” menjadi “BBRY”. Pada akhir hari peluncuran BlackBerry 10, saham BlackBerry yang diperjualbelikan di pasar saham Amerika Serikat, NASDAQ, turun sekitar 12,2% dengan harga saham per lembarnya sebesar US$13,75.

Saham RIMM:BBRY 30 Jan 2013, YCharts

Apakah para investor tidak terkesan dengan BlackBerry 10, serta BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10?

Memang melalui BlackBerry 10 dan kedua smartphone barunya, BlackBerry berhasil mengejar ketertinggalan teknologi mereka dari para pesaingnya seperti iOS dan Android dalam bidang sistem operasi, serta vendor-vendor seperti Samsung, Apple, Sony, HTC, Nokia, dan lain sebagainya dalam bidang hardware itu sendiri. BlackBerry juga menyediakan beberapa fitur-fitur baru yang cukup inovatif, yang sebelumnya belum ada atau belum terpikirkan dalam sistem operasi lainnya.

Tetapi masalahnya, tidak ada suatu gebrakan khusus yang dilakukan BlackBerry pada BlackBerry 10 yang membuat BlackBerry 10 mempunyai sebuah keunikan tersendiri yang membuat orang-orang semakin tertarik untuk mencoba smartphone dan sistem operasi ini. Hal ini rasanya sedikit mirip dengan Microsoft dan Windows Phone 8 dan hal inilah yang mungkin menyebabkan para investor tidak begitu terkesan dengan peluncuran BlackBerry 10.

Mengingat BlackBerry 10 adalah satu-satunya kesempatan BlackBerry, apakah menurut Anda BlackBerry 10 akan berhasil untuk kembali merebut hati para pengguna smartphone seperti yang telah berhasil mereka lakukan sebelumnya?

 

Sumber data: RIMM oleh YCharts via VentureBeat

Sumber gambar: Stocks on Wall St

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.