Google Science Fair 2013

Google Science Fair 2013

Berkat kerja sama dengan CERN, the LEGO Group, National Geographic, dan Scientific American, Google meluncurkan kompetisi tahunan Google Science Fair untuk ketiga kalinya guna menemukan generasi penerus ilmuwan dan insinyur. Google mengundang siswa usia 13-18 untuk berpartisipasi dalam kompetisi sains terbesar online dan mengirimkan ide-ide mereka untuk mengubah dunia.

Selama dua tahun terakhir, ribuan siswa dari lebih dari 90 negara telah mengajukan proyek-proyek penelitian untuk melakukan riset terhadap berbagai masalah menantang yang kita hadapi saat ini. Pemenang sebelumnya menangani isu-isu seperti diagnosa dini kanker payudara, meningkatkan pengalaman pendengaran musik bagi orang dengan gangguan pendengaran serta mengatalogisasi ekosistem air.

Guna mengulang sukses di tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Google berharap untuk sekali lagi menginspirasi eksplorasi ilmiah pada kalangan siswa muda dan menerima lebih banyak lagi peserta untuk kompetisi tersebut.

Berikut adalah informasi penting bagi peserta kompetisi Google Science Fair 2013:

Berikut adalah beberapa informasi penting bagi kompetisi Science Fair:

  • Siswa dapat mendaftar dalam kompetisi ini dalam 13 bahasa.
  • Batas waktu pengiriman adalah tanggal 30 April 2013 pada 11:59 PDT (waktu Pasifik – sama dengan waktu San Francisco, atau sekitar 1 Mei 2013 pukul 2.00 WIB).
  • Pada bulan Juni, tim dari Google akan memilih 90 finalis regional (30 dari Amerika, 30 dari Asia Pasifik dan 30 dari Eropa/Timur Tengah/Afrika).
  • Tim juri kemudian akan memilih 15 finalis, yang akan diterbangkan ke markas Google di Mountain View, California untuk mengikuti acara final live, pada tanggal 23 September 2013.
  • Di sesi final, sebuah panel juri internasional yang terdiri dari ilmuwan terkemuka dan inovator teknologi akan memilih pemenang teratas di setiap kategori usia (13-14 tahun, 15-16 tahun, 17-18 tahun).  Satu akan terpilih sebagai pemenang Grand Prize.

Hadiah untuk Science Fair 2013 termasuk beasiswa sebesar US$50.000 (sekitar 470 juta rupiah) dari Google, sebuah perjalanan ke Galapagos dengan ekspedisi National Geographic, pengalaman di CERN, Google atau the LEGO Group dan akses digital ke arsip Scientific American bagi sekolah pemenang selama satu tahun.  Scientific American juga akan menghadiahkan Science in Action prize sebesar US$50.000 (sekitar 470 juta rupiah) untuk satu proyek ilmiah yang bisa membuat perbedaan praktis dengan mengatasi sebuah masalah sosial, lingkungan atau kesehatan. Ada juga dua hadiah baru untuk tahun 2013:

  • Pada bulan Agustus, masyarakat dunia akan memiliki kesempatan untuk melihat 15 finalis kompetisi melalui serangkaian Google+ Hangouts on Air dan bisa memilih penerima penghargaan Ide Terinspirasi (Inspired Idea Award) yang dipilih oleh masyarakat global untuk proyek dengan potensi terbesar untuk mengubah dunia.
  • Google juga menyadari bahwa di balik setiap siswa yang terinspirasi ada guru yang sabar dan sebuah sekolah yang mendukung. Tahun ini Google akan memberikan hibah tunai US$10.000 (sekitar 95 juta rupiah) dari Google dan Google+ Hangout eksklusif dengan CERN ke sekolah pemenang Grand Prize.

Google juga akan mengadakan serangkaian Google+ Hangouts on Air.  Berlangsung pada hari Senin, Rabu dan Jumat, Hangouts ini akan menampilkan ilmuwan terkenal termasuk inventor Dean Kamen dan oseanografi explorer Fabien Cousteau, menampilkan tur eksklusif laboratorium mutakhir dan fasilitas ilmu pengetahuan, serta menyediakan akses ke tim juri dan tim Google Science Fair.  Kami berharap Google+ Hangouts akan membantu menginspirasi, menasehati dan mendukung siswa-siswa selama kompetisi ini dan seterusnya.

Tertarik untuk mengajak putra-putri Anda untuk ikut serta, atau malah Anda sendiri adalah seorang siswa berusia 13-18 tahun yang sangat gemar sains? Mari kunjungi website Google Science Fair untuk informasi lebih lanjut.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.