BlackBerry 10, Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui

Pada hari Rabu, 30 Januari 2013, BlackBerry 10 secara resmi diluncurkan oleh RIM. Tapi kini RIM atau Research In Motion, perusahaan asal Kanada yang membuat produk BlackBerry, telah tiada. Pada acara tersebut, RIM juga secara resmi melakukan re-branding perusahaannya dan mengganti nama RIM menjadi BlackBerry.

Selamat tinggal RIM, selamat datang BlackBerry

Pada awal mula acara, CEO RIM (yang kini berganti nama menjadi BlackBerry), membuka acara dengan hal yang cukup mengejutkan, yaitu mengganti nama perusahaan RIM menjadi BlackBerry. Perubahan nama ini diikuti juga dengan tagline baru dari BlackBerry yaitu:

One brand, one promise

Perubahan nama RIM menjadi BlackBerry menunjukkan keseriusan perusahaan dalam mengembangkan produk tersebut agar semakin dicintai para penggunanya. Ini juga menunjukkan keberhasilan BlackBerry dalam mengembangkan sistem operasinya sendiri, setelah beberapa tahun yang lalu perusahaan ini pernah dihadapkan pilihan untuk menggunakan sistem operasi lain, kemudian mengembangkan hardware-nya saja (sama seperti Samsung, Sony, LG, HTC, dan lain sebagainya) atau membangun hardware dan software sendiri layaknya Apple.

BlackBerry 10 tidak seperti BlackBerry yang Anda kenal sebelumnya

Apa yang Anda ingat dari BlackBerry Anda yang dahulu atau mungkin yang sekarang Anda gunakan? Lambat, boros baterai, berat? BlackBerry 10 yang baru tidak akan sama dengan BlackBerry yang Anda kenal sebelumnya.

Apa saja fitur-fitur unggulan dalam BlackBerry 10?

  • BlackBerry Hub

  • BlackBerry Keyboard

  • BlackBerry Flow & Peek

  • BBM Video Chat & Screen Share

  • BlackBerry Remember

  • BlackBerry Story Maker

Aplikasi

Seperti yang telah dijanjikan RIM sebelumnya, aplikasi-aplikasi yang ada di BlackBerry World akan berjumlah lebih dari 70 ribu pada saat peluncuran. Ini juga termasuk aplikasi-aplikasi besar seperti Facebook, Twitter, Foursquare, LinkedIn, dan yang cukup mengejutkan adalah Skype.

Dan di BlackBerry World, kini tidak akan hanya menjual aplikasi-aplikasi saja. BlackBerry World akan menjadi pesaing iTunes dan Google Play dalam menjual aplikasi, lagu, dan film. Ke depannya tentu akan semakin banyak konten-konten yang mengisi BlackBerry World.

BB10 #2

Alicia Keys

Penyanyi dan penulis lagu, Alicia Keys, kini tergabung dalam BlackBerry sebagai Global Creative Director for BlackBerry. Alicia Keys juga kita juga mengatakan:

I’m exclusively “dating” BlackBerry again.

BB10 #3

Alicia Keys juga terlibat dalam “The Keep Moving Project” bersama Neil Gaiman (penulis) and Robert Rodriguez (film director, screenwriter, producer, cinematographer, editor, musician).

Gadgets

2 buah smartphone BlackBerry diluncurkan pada peluncuran BlackBerry 10, yaitu BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10.

 

Sumber gambar: Mashable

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.