Dari 64GB Kapasitas Microsoft Surface Pro, Hanya 23GB yang Dapat Digunakan

Surface Magenta Cover

Microsoft Surface memang sebuah produk yang revolusioner dan berhasil menurut Bill GatesGadget ini juga membantu Microsoft menghasilkan keuntungan yang cukup memuaskan bulan Desember lalu. Kesuksesan Microsoft dalam menghadirkan Surface dengan Windows RT membuat Microsoft tengah menyiapkan Surface dengan Windows 8 Pro yang rencananya akan siap dijual 9 Februari nanti. Namun, apa permasalahan dari Microsoft Surface?

Ialah kapasitas penyimpanan. Microsoft Surface 32GB dengan Windows RT hanya memiliki 16GB kapasitas yang bisa digunakan, sedangkan untuk 64GB hanya memiliki 46GB kapasitas yang bisa digunakan. Artinya dari total kapasitas penyimpanan dari Microsoft Surface, hanya setengah dari kapasitas tersebut bisa digunakan untuk Anda, karena setengah sisanya digunakan sebagai sistem operasi dan aplikasi-aplikasi penunjang bawaan dari Windows RT.

Lalu bagaimana dengan Microsoft Surface Pro?

TheVerge telah mengkonfirmasikan kepada Microsoft, Microsoft Surface Pro dengan kapasitas 64GB hanya memiliki 23GB kapasitas yang dapat Anda gunakan. Artinya, Anda hanya bisa menggunakan sekitar 36% dari total kapasitas yang Anda miliki karena sisanya digunakan untuk sistem operasi Windows 8 Pro. Sedangkan untuk Microsoft Surface Pro dengan kapasitas 128GB belum ada keterangan resmi.

Maka, jika Anda ingin membeli gadget yang satu ini, Anda hampir dipastikan harus memiliki kapasitas penyimpanan tambahan. Ada tiga cara untuk menambah kapasitas penyimpanan Anda pada Microsoft Surface antara lain:

  1. Gunakan hard disk external, Microsoft Surface mendukung USB 3.0
  2. Gunakan microSDXC
  3. Gunakan penyimpanan cloud seperti SkyDrive, DropBox, Google Drive

Meskipun demikian tetap saja Anda akan memiliki keterbatasan dengan aplikasi-aplikasi yang bisa Anda instal di Surface Anda nantinya. Bagaimana menurut Anda? Apakah ini artinya Windows 8 masih terlalu ‘berat’ untuk sebuah tablet PC?

 

Sumber gambar: Microsoft

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.