Google Maps Kini Menghadirkan Peta Korea Utara yang Lebih Rinci

North Korea

Korea Utara selama ini dikenal sebagai negara yang sangat tertutup dari dunia luar, khususnya bagi para masyarakat yang ada di dalamnya. Namun beberapa waktu lalu pemimpin Korea Utara sempat mengatakan bahwa mereka akan membuka diri, dan Eric Schmidt, salah satu petinggi Google, juga segera mengunjungi Korea Utara.

Hasilnya, Google mengumumkan dalam blognya, bahwa mereka telah berhasil menghadirkan peta Korea Utara dalam bentuk digital yang lebih rinci. Meskipun hasilnya belum serinci daerah-daerah lain, tetapi peningkatan yang signifikan dan positif telah terjadi.

Untuk membuat peta ini, Google dibantu oleh kartografer yang merupakan warga negara Korea Utara. Ia bergabung bersama Google Map Maker memberikan kontribusi melalui memberikan nama-nama jalan dan tempat-tempat yang menarik. Dan hasilnya kini seluruh dunia bisa melihat dan mengetahui Korea Utara secara lebih rinci.

NK Before

NK After

Meskipun demikian, Google mengatakan bahwa peta ini belum sempurna, oleh karena itu Google berjanji akan terus memperbaharuinya ke depannya. Dan melalui hal ini Google mengajak semakin banyak orang untuk berkontribusi dalam Google Map Maker dan membantu Google Maps agar semakin sempurna.

Dikabarkan juga bahwa kunjungan Eric Schmidt ke Korea Utara salah satunya adalah untuk mendesak pemerintahan setempat untuk memberikan akses internet dan telepon.

Bagaimana menurut Anda?

 

Sumber gambar: Google Maps

 

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.