Facebook, Mobile Apps Nomor 1 di Amerika Serikat Tahun 2012

Facebook Mobile Apps

Facebook saat ini merupakan jejaring sosial terbesar di dunia dengan jumlah pengguna lebih dari 1 milyar orang, mendominasi 127 negara di seluruh dunia. Tak hanya mendominasi dalam jejaring sosial, Facebook juga merupakan aplikasi mobile paling populer di Amerika Serikat.

Aplikasi mobile atau mobile apps berkembang sangat pesat beberapa tahun belakangan ini, begitu banyak developer mencoba peruntungan dalam bidang ini. comScore baru saja merilis laporan mobile apps paling populer di Amerika Serikat dan hasilnya Facebook berada di peringkat pertama, kemudian disusul beberapa produk-produk Google seperti Google Maps dan Google Play.

Top_US_Mobile_Apps_Ranked_by_Unique_Visitors

Penilaian ini dilakukan comScore berdasarkan jumlah unique visitor yang mengunjungi mobile apps tersebut. Meskipun Facebook merupakan pemenangnya, tetapi dari sini terlihat jelas bahwa produk-produk Google mendominasi pasar. Satu hal yang menarik adalah Apple iTunes kalah dibandingkan dengan Google Play, dari hal ini bisa dilihat bahwa pengguna smartphone di Amerika Serikat lebih banyak yang menggunakan Android dibandingkan dengan menggunakan iOS.

comScore mengatakan:

Google Maps has been clawing its way back the past few months after getting reinstated on iOS 6, so look for the competition for the #1 spot to heat up as we head into 2013.

Google Maps telah mencakar jalan kembali beberapa bulan terakhir setelah masuk kembali pada iOS 6, sehingga kompetisi untuk tempat #1 akan semakin memanas seiring dengan kita memasuki tahun 2013.

Menariknya para pengguna smartphone menghabiskan waktu yang cukup lama di Facebook, sekitar 23% dari waktu yang dihabiskan untuk menggunakan smartphone, kemudian diikuti oleh Instagram, YouTube, dan berbagai aplikasi Google lainnya. Anehnya, Twitter tidak ada dalam list.

Facebook_Google_Mobile_Apps_by_Share

Google sangat mendominasi pasar mobile apps, yang artinya besar kemungkinan juga Google dan Android akan semakin mendominasi pasar smartphone di Amerika Serikat dan di seluruh dunia. Menarik kita tunggu inovasi-inovasi yang akan datang dalam bidang mobile apps, seperti yang dilakukan Facebook dengan Graph Search.

Bagaimana dengan Anda? Aplikasi apa yang paling sering Anda gunakan saat Anda sedang menggunakan smartphone atau tablet?

 

Sumber gambar: News.com.au

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.