Samsung Menjual 213 Juta Smartphone Sepanjang 2012, Jauh Di Atas Para Pesaingnya

Samsung Galaxy S II Mini

Samsung membuat penjualan smartphone dengan angka yang sangat luar biasa sepanjang tahun 2012, yaitu 213 juta smartphone, sangat jauh di atas para pesaingnya. Bahkan Apple, yang menduduki peringkat dua pun “hanya” berhasil menjual 135,8 juta smartphone di sepanjang tahun 2012.

Memang perseteruan di kedua kubu ini sangat panas. Perang paten pun sering terjadi di antara keduanya. Namun data yang dirilis oleh Strategy Analytics menunjukkan bahwa untuk masalah penjualan smartphone, Samsung berada jauh di atas Apple, dan menguasai 30% penjualan smartphone di seluruh dunia.

Angka tersebut juga merupakan rekor tersendiri bagi Samsung. Itu berarti Samsung adalah perusahaan pertama dalam sejarah yang menjual lebih dari 200 juta smartphone dalam satu tahun. Rekor ini sebelumnya dipegang oleh Nokia, yang di tahun 2012 ini hanya berhasil menjual 35 juta unit smartphone.

Yang menarik adalah penjualan Samsung dan Apple saja apabila digabungkan sudah melebihi setengah dari total penjualan smartphone di seluruh dunia di tahun 2012 yang lalu. Itu berarti kedua merk ini sangat mendominasi pasar, berkat produk-produk mereka yang memang sangat brilian.

Berikut adalah data penjualan smartphone hasil analisis dari Strategy Analytics.

Strategy Analytics Smartphone 2012

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.