Q4 2012, Pendapatan Samsung 52,4 Milyar Dollar

samsung-flag

Setelah Microsoft dan Google, kini giliran Samsung yang mengumumkan pendapatannya pada kuartal 4 tahun 2012. Dan sudah dapat dipastikan sejak awal, pendapatan dari perusahaan elektronik asal Korea Selatan ini sangat fantastis.

Melalui websitenya, Samsung mengumumkan pendapatan yang mereka dapatkan sebesar 56,06 trillion won atau sekitar US$52,4 milyar dollar dan dengan pendapatan sebesar itu, maka keuntungan yang dihasilkan adalah 8,84 trillion won atau sekitar US$8,3 milyar dollar. Dalam rupiah? Silahkan Anda hitung sendiri.

Perusahaan ini mengalami peningkatan keuntungan sebesar 10% dari kuartal sebelumnya. Tak heran, Samsung adalah salah satu pemain utama penguasa smartphone dan tablet, serta sebagian barang-barang elektronik lainnya yang ada dan tengah berkembang saat ini. Ditambah Samsung Galaxy seri S yang telah mencapai 100 juta unit dan di Indonesia sendiri, Samsung menguasai 4 dari 5 smartphone yang ada.

Secara garis besar, dari operating profit Samsung menghasilkan 740 juta won atau sekitar US$691 juta, hal ini meningkat 87% dari kuartal sebelumnya. Begitu juga dengan lini bisnis semiconductor menghasilkan 1,42 milyar won atau sekitar US$1,33 milyar. Sedangkan produk-produk lain seperti lemari es, TV LED juga cukup menghasilkan walaupun tidak sebanyak lini bisnis lainnya.

Robert Yi, senior VP and head of investor relations dari Samsung mengatakan:

Despite uncertainties in Europe and concerns over the U.S. fiscal cliff creating a difficult business environment, we did our best this quarter to achieve strong earnings based on a strategic focus on differentiated and high value-added products as well as our technological competitiveness.

Meskipun ketidakpastian di Eropa dan kekhawatiran atas tebing fiskal AS menciptakan lingkungan bisnis yang sulit, kami melakukan yang terbaik pada kuartal ini untuk mencapai pendapatan yang kuat didasarkan pada fokus strategis pada produk bernilai tambah dan tinggi daya saing teknologi kami.

 

Sumber gambar: Mashable

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.