[Intermezzo] iPad Jadi Hiburan Untuk Orangutan di Kebun Binatang

orangutan smithsonian zoo playing ipad

iPad adalah salah satu teknologi populer belakangan ini. iPad digunakan oleh banyak rentang usia, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Namun, pernahkah terbayang jika iPad juga bisa digunakan oleh orangutan sebagai ‘mainan’ mereka?

Orangutan merupakan salah satu primata yang memiliki intelegensi hampir mirip dengan manusia. Mereka bisa cepat belajar dari hewan manapun. Jadi, jangan kaget jika orangutan bisa cepat belajar menggunakan iPad sebagai salah satu hiburan merek di kebun binatang.

Menurut Smithsonian Science, penjaga kebun binatang Smithsonian yang ada di Washington, Amerika ini sedang memikirkan untuk menambah variasi hiburan bagi kehidupan hewan-hewan yang ada di kebun binatang, salah satunya untuk orangutan. Dengan salah satu aplikasi yang pernah digunakan oleh 12 kebun binatang lainnya, aplikasi Apps4Apes dari Orangutan Outreach adalah program yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup primata yang satu ini.

Orangutan Outreach adalah salah satu organisasi konservasi perlindungan orangutan. Mereka telah mendonasikan iPad ke 12 kebun binatang termasuk di Houston, Atlanta, Toronto, Utah dan Milwaukee. Apps4Apes adalah program yang mempunyai 10 aplikasi, salah satunya adalah aplikasi instrumen musik, games, aplikasi menggambar dan masih banyak lagi.

Berikut pernyataan dari penjaga kebun binatang bagian orangutan,Becky Malinsky terhadap aplikasi Apps4Apes.

“Apps for Apes fits perfectly in this new era of zoo keeping. It’s about changing up the day-to-day lives of our animals. We already vary their food, toys and social interactions every day, but the iPad offers another way to engage their sight, touch and hearing.”

“Apps4Apes sangat cocok untuk pemeliharaan kebun binatang di era baru seperti sekarang ini. Ini mengenai perubahan kehidupan dari hewan kita hari ke hari. Kami sudah memvariaskan jenis makanan, mainan, dan interaksi sosial mereka setiap hari, tapi dengan penawaran iPad adalah cara lain untuk mengenalkan penglihatan, sentuh, dan pendengaran mereka.”

orangutan smithsonian zoo

Sebagai contoh, penjaga kebun binatang ini menemukan orangutan berumur 36 tahun bernama Bonnie senang bermain aplikasi instrumen drum. Kemudian orangutan yang berumur 16 tahun bernama Kylie lebih suka bermain dengan aplikasi piano. Dan terakhir orangutan yang berumur 25 tahun bernama Iris senang mendengarkan suara kolam ikan koi virtual sambil melihat ikan-ikan bergerak. Simak video berikut.

fold-left fold-right
About the author
Marchella Loofis - Mahasiswa Jurusan Sastra China Binus University yang cinta blogging, musik, film, dan gadget. Ia adalah seorang penulis di Techrity. Kenal lebih lanjut lewat Twitter , blog pribadi, dan email.