Intel Berhenti Memproduksi Motherboard untuk PC

ss-intel-ivy-bridge-processor

Intel selama ini terkenal sebagai perusahaan pembuat prosesor komputer terhebat di dunia, tak ada perusahaan yang mampu menandingi Intel dalam bidang ini. Tetapi selain membuat prosesor, Intel juga merupakan produsen motherboard. Dan hari ini Intel mengumumkan berita yang mungkin akan mengubah pandangan dunia. Intel akan berhenti memproduksi motherboard untuk PC!

Motherboard adalah sebuah komponen paling dasar dalam sebuah komputer yang menghubungkan segala sesuatunya, misalnya RAM, CPU, USB, Monitor, dan semuanya. Seperti diberitakan oleh AnandTech, Intel akan berhenti memproduksi motherboard untuk PC setelah generasi berikutnya dari chip prosesor tiba.

Prosesor generasi keempat dari Intel yang akan datang memiliki kode nama “Haswell” akan menjadi generasi terakhir dari chip Intel yang salah satunya akan dibuat menjadi satu dengan motherboard PC. Tetapi produsen motherboard lainnya seperti Asus dan Gigabyte dikabarkan akan terus membuat motherboard untuk PC. Sebenarnya para pengguna PC pun masih banyak memiliki pilihan brand motherboard lainnya selain Intel. Tentunya Intel masih tetap akan memproduksi prosesor untuk PC ke depannya.

Sepertinya langkah ini memang sengaja diambil Intel mengingat perkembangan pasar yang saat ini mengarah kepada teknologi mobile, terutama pada smartphone dan tablet. Kemungkinan kedua hal tersebut yang akan menjadi fokus Intel ke depannya dan Intel dengan sengaja melepas lini bisnis motherboard-nya untuk mengikuti perkembangan jaman dan permintaan pasar.

Bagaimana menurut Anda?

 

Sumber gambar: VentureBeat

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.