[Infografis] Tahun 2012, Pendapatan Google Mencapai 50 Milyar Dollar

Sergey Brin - Eric Schmidt - Larry Page

Sepertinya tahun 2012 adalah tahun yang baik bagi Google, selain pada awal tahun itu Google juga membuka di Indonesia, pendapatan Google secara keseluruhan pada tahun 2012 sangat luar biasa. Pada tahun ini, Google menghasilkan pendapatan 50 milyar dollar dalam satu tahun.

Seperti diberitakan oleh Mashable, perusahaan asal Amerika Serikat ini mencapai rekor baru dengan total pendapatan sebesar 50 milyar dollar dalam satu tahun selama tahun 2012. Salah satu pendapatannya yang paling besar adalah pada bulan Desember dimana Google menghasilkan US$14,42 juta atau sekitar Rp 130.428.000.000 (dengan asumsi US$1 = Rp 9.000). WOW! Hal ini bertambah 26% dari bulan Desember tahun 2011 dimana Google menghasilkan US$12,36 juta atau sekitar 111 miliar rupiah.

Secara keseluruhan pada tahun 2011 Google menghasilkan pendapatan total selama satu tahun sebesar US$38 milyar sedangkan tahun ini mencapai angka US$50 milyar. CEO Google, Larry Page, mengatakan:

We ended 2012 with a strong quarter.

Kami mengakhiri 2012 dengan kuartal yang kuat.

Ia menambahkan:

Revenues were up 36% year-on-year, and 8% quarter-on-quarter. And we hit $50 billion in revenues for the first time last year – not a bad achievement in just a decade and a half.

Pendapatan naik 36% dari tahun ke tahun, dan 8% dari kuartal ke kuartal. Dan kami mencapai pendapatan $50 miliar untuk pertama kalinya tahun lalu – bukan prestasi yang buruk hanya dalam satu setengah dekade.

Ini adalah sebuah prestasi sendiri bagi sebuah perusahaan yang bisnisnya berbasiskan benar-benar di dunia maya.

Untuk melihat perkembangan Google dari tahun ke tahun secara bisnis, Statista membuat sebuah infografis yang berisikan mulai dari pendapatan, keuntungan, dan performa saham. Simak infografis berikut ini.

Google $500 Billion

 

Sumber gambar: DailyMail.co.uk

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.