Jam Tertipis di Dunia dengan Layar E-Ink

CST-01

Di era teknologi seperti ini, ternyata tidak hanya smartphone, laptop, maupun tablet yang semakin tipis dan canggih. Jam tangan pun juga menjadi sangat tipis, contohnya adalah jam tangan CST-01 ini, yang memiliki ketipisan hanya 0,8 milimeter!

Jam tangan ini terbentuk dari sebuah lempengen stainless steel setebal 0,5 milimeter, yang didesain melingkar dan dapat langsung digunakan di tangan Anda. Komponennya elektroniknya sendiri tersusun sedemikian rupa di dalamnya, dan hampir tidak menambah ketebalan dari jam tangan ini. Total ketebalan dari jam ini hanyalah 0,8 milimeter, hampir sama dengan tebal sebuah kartu kredit!

CST-01 002

Untuk menge-charge-nya, digunakan sebuah base station dan penge-charge-an selama 10 menit akan memberikan energi yang cukup untuk satu bulan.

Dan karena bentuknya yang sangat tipis, jam ini tidak memiliki tombol apapun. Untuk melakukan pengaturan terhadap waktu dan format waktu yang dikehendaki pun pengguna harus menggunakan base station yang sama.

CST-01 001

CST-01 hanya berbobot 12 gram, dan menggunakan layar E-ink. E-ink dipilih karena faktor tipis, mudah dibaca, kuat, fleksibel, dan penggunaan daya yang sangat kecil.

Proyek ini sampai sekarang sudah berhasil mengumpulkan lebih dari $600 ribu, atau jauh di atas target pendanaaannya, $200 ribu.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.