Uji Konektivitas Xperia Z

Xperia Z

Xperia Z dari Sony merupakan smartphone dengan spesifikasi tertinggi saat ini. Smartphone yang diperkenalkan oleh Sony beberapa hari yang lalu di event CES 2013 ini bahkan juga meraih 10 penghargaan di ajang CES 2013. Nah, untuk masalah konektivitas, bisa apa saja, sih, si Xperia Z ini?

Micro USB, Satu Port Berbagai Fungsi

Melalui port Micro USBnya, Xperia Z dapat terhubung dengan berbagai macam perangkat, seperti layaknya sebuah komputer. Dengan menggunakan converter Micro USB to USB, Anda dapat menghubungkan berbagai macam perangkat seperti flash diskcontroller Play Station 3, wireless mouse, wireless keyboard, dan lain-lain.

Dengan menghubungkan controller Play Station 3 via kabel USB, Anda dapat melakukan navigasi di Xperia Z. Begitu pula dengan wireless mouse dan wireless keyboard via kabel USB, Xperia Z pun menjadi seperti komputer berukuran mini yang dikendalikan dengan mouse dan keyboard ukuran standar!

Bluetooth

Selain bisa untuk berkirim-kiriman gambar, fitur Bluetooth di Xperia Z juga dapat digunakan untuk menghubungkan Xperia Z ke berbagai perangkat wireless. Contohnya adalah Bluetooth keyboard dan mouse, dan juga Bluetooth controller. Keuntungan menggunakan Bluetooth adalah, berbeda dengan wireless mouse, Bluetooth mouse tidak menggunakan perangkat USB sebagai transceiver-nya, sehingga port Micro USB Xperia Z pun akan menganggur, dan dapat digunakan untuk keperluan lain, misalnya HDMI out untuk dihubungkan ke TV.

Kabel HDMI

Anda juga dapat menggunakan converter Micro USB ke HDMI untuk dapat menghubungkan Xperia Z ke televisi layar lebar. Dengan menghubungkan Xperia Z ke televisi layar lebar dan menghubungkannya via Bluetooth ke Bluetooth controller, Anda dapat memainkan bermacam-macam game Android di Xperia Z, dan menampilkannya di televisi layar lebar Anda. Keren!

Untuk melihat video demonstrasi dari semua hal-hal di atas, silakan lihat video di bawah ini. Dan untuk mereka yang sudah semakin tergiur dengan kecanggihan Xperia Z, bersabarlah, karena Xperia Z dikabarkan akan masuk Indonesia sekitar bulan Maret atau April!

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.