Graph Search, Inovasi Terbaru Facebook

Graph Search

Ingin tahu siapa saja teman Anda yang suka bermain game online? Atau siapa saja yang suka jalan-jalan ke pantai? Fitur terbaru dari Facebook ini dapat membantu Anda menemukan hal-hal tersebut!

Graph Search, demikian nama dari fitur terbaru Facebook tersebut. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menemukan hal-hal yang Anda inginkan, yang terkait dengan teman-teman Anda di Facebook. Berbeda dengan web search pada umumnya, Graph Search dari Facebook ini menampilkan hasil, bukan hanya link.

Menurut laporan TechCrunch yang menghadiri langsung event Facebook ini, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa Graph Search masih dalam tahap “sangat awal”. Untuk tahap ini, Graph Search berfokus pada people, photos, places, dan interests.

Untuk menggunakan fitur ini sangat mudah, cukup dengan mengetikkan pertanyaan-pertanyaan Anda di kolom pencarian yang disediakan oleh Facebook di bagian paling atas halaman Facebook Anda. Untuk saat ini fitur ini baru dapat dinikmati oleh sebagian kecil pengguna Facebook.

Berikut adalah pernyataan dari Mark Zuckerberg:

We’re going to start with a limited rollout of Graph Search now but starting very slowly. We need to get data from people using it so we can make the data better. But we’re looking forward to getting more people onto it over the coming weeks and months.

Kami akan memulai dengan membagikan fitur Graph Search kepada sedikit pengguna. Kami membutuhkan data dari orang-orang yang menggunakannya untuk dapat membuat data yang ada menjadi lebih baik. Tetapi kami ingin segera mengajak orang-orang bergabung dalam beberapa minggu atau bulan.

Untuk melihat selengkapnya mengenai Graph Search berupa dua buah video mengenai penjelasan fitur ini, serta cara untuk “mengantri” supaya menjadi yang pertama saat fitur ini mulai tersedia, silakan kunjungi halaman ini.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.