Pengeluaran Iklan Online di Tahun 2012 Menembus 100 Miliar Dolar

Advertising

Pengeluaran iklan online di tahun 2012 menembus angka 100 miliar dolar, menurut sebuah laporan dari eMarketer. Bagaimanakah perkiraan pengeluaran untuk iklan online di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, beberapa tahun ke depan?

Digital Ad Spending Worldwide

eMarketer melaporkan bahwa 102 miliar dolar telah dikeluarkan oleh berbagai perusahaan di seluruh dunia. Angka tersebut menunjukkan betapa cepat iklan online berkembang hanya dalam hitungan dasawarsa. Kurang dari dua puluh tahun yang lalu, pengeluaran iklan digital adalah nol, karena memang internet belum digunakan oleh masyarakat seperti sekarang ini.

Diperkirakan pada tahun 2013 ini pengeluaran iklan online akan meningkat menjadi 118 miliar dolar, atau sebesar 15,1%.

Angka 102 miliar dolar tersebut merupakan 21,7% dari total pengeluaran iklan di seluruh media di tahun 2012, dan kemungkinan akan meningkat menjadi 25% di tahun 2016 nanti.

Bagaimana dengan Indonesia?

Pengeluaran iklan terbesar terjadi di Amerika Utara, yang menguasai 39% pengeluaran iklan di tahun 2012. Sedangkan Indonesia sendiri diramalkan akan mengalami perkembangan paling cepat dalam pengeluaran iklan, walaupun angkanya memang masih lebih kecil dibandingkan yang lainnya.

The fastest growth in spending will come from the emerging markets of Indonesia, India and Mexico—though that growth is coming from a relatively small base of spending.

Peningkatan pengeluaran terbesar akan datang dari emerging market seperti Indonesia, India, dan Meksiko—walaupun perkembangannya datang dari pengeluaran yang cukup kecil.

Berikut adalah tabel perkembangan pengeluaran iklan yang terjadi di berbagai negara mulai tahun 2011 sampai dengan 2012, dan perkiraan untuk tahun 2013 sampai dengan 2016, laporan dari eMarketer.

Digital Ad Spending Growth Worldwide

 

Featured image via CrowdScience

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.