Vuzix, Smart Glasses Pesaing Google Glass

M100-Vuzix-Product

Google Glass bukanlah satu-satunya smart glasses yang tengah coba dikembangkan saat ini, beberapa perusahaan lain nampaknya juga memiliki teknologi serupa dengan Google Glass. Sebut saja lensa kontak yang memiliki layar LCD dan kali ini berasal dari perusahaan asal New York, Amerika Serikat, Vuzix.

Seperti diberitakan oleh VentureBeat, Vuzix telah meluncurkan Smart Glasses M100 pada bulan November lalu, tetapi kacamata pintar ini baru pertama kali didemonstrasikan di hadapan publik pada acara CES 2013. Sampai saat ini, sama seperti Google Glass, kacamata pintar buatan Vuzix masih dalam tahap pengembangan.

Vuzix mengatakan bahwa kacamata pintar tersebut akan tersedia pada musim panas, artinya dalam beberapa bulan ke depan. Satu hal yang menarik mengenai kacamata ini adalah harganya yang cukup murah yaitu di bawah $500.

Smart Glasses M100 dari Vuzix ini akan menggunakan sistem operasi Android 4.0 dengan spesifikasi kamera untuk merekam video dengan kualitas 720p, kapasitas penyimpanan 4GB, GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth. Ukuran layarnya adalah 800 x 480 pixels.

Satu hal yang menarik bagi Anda para developer, Anda bisa memanfaatkan kacamata pintar ini untuk mengintegrasikannya dengan aplikasi Anda seperti yang dikatakan oleh Vuzix melalui press release-nya. Tentu saja hal ini membutuhkan SDK (software development kit), bagi Anda yang tertarik Anda bisa mempelajari lebih lanjut di website Vuzix bagian developer.

M-100_9x6poster-m

Dengan menggunakan kacamata pintar ini, para pengguna dapat melakukan hal yang lebih dibandingkan dengan kegunaan Google Glass. Melalui Smart Glasses M100 pengguna dapat melalukan scan terhadap email Anda, menggunakan aplikasi favorit Anda, hingga merespon update dari sumber seperti Facebook.

Mampukah Vuzix menyaingi Google dengan project Google Glass-nya? Dan dengan harga di bawah $500 nantinya, apakah Anda berniat untuk membeli kacamata pintar ini?

 

Sumber gambar: Vuzix

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.