Gartner: Penjualan PC Terus Menurun

Notebook

Gartner baru saja merilis hasil penelitian mereka atas perilaku pasar di kuartal terakhir tahun 2012, dan menemukan bahwa penjualan PC di tahun 2012 terus merosot, menandakan bahwa konsumen mulai berpindah dari PC ke perangkat lain seperti tablet dan smartphone.

Gartner-Penjualan PC Kuartal Keempat 2012

Di kuartal keempat ini, HP kembali menduduki peringkat pertama setelah pada kuartal sebelumnya peringkat tersebut direbut oleh Lenovo. Tetapi penjualan mereka sendiri tidak berkembang dibandingkan tahun sebelumnya, bahkan malah menurun nyaris 100ribu unit.

Lenovo sendiri, yang pada kuartal ketiga tahun 2012 menduduki posisi pertama, kini kembali menduduki posisi pertama, walaupun penjualannya sebenarnya meningkat lebih dari satu juta unit dibandingkan dengan tahun lalu.

Secara total, penjualan PC di dunia pada kuartal keempat tahun 2012 mencapai 90,37 juta unit, menurun 4,9% dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 95,02 juta unit.

Bahkan di tabel di bawah, yang menampilkan data penjualan PC di tahun 2012 menurut analisis Gartner, menunjukkan bahwa penjualan PC menurun cukup jauh dari 365,4 juta menjadi 352,7 juta, atau turun 3,5%. Apakah ini menandakan era PC akan benar-benar segera berakhir?

Gartner-Penjualan PC 2012

Sumber: Gartner

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.