Windows RT Kini Bisa Di-jailbreak

maricopa-county-jail-inmate

Windows memang merupakan sebuah sistem operasi yang paling mendominasi di seluruh dunia. Keberhasilan Microsoft menjual 60 juta kopi lisensi Windows 8 dalam waktu 10 minggu merupakan sebuah prestasi tersendiri. Tetapi sistem operasi Windows nampaknya masih sulit untuk lepas dari kata ‘pembajakan’. Kini sebuah tool untuk melakukan jailbreak Windows RT telah diluncurkan.

Apple baru saja lepas dari pembajakan, kini giliran Microsoft dengan sistem operasi Windows RT yang kena. Awal minggu ini terjadi sebuah hal yang mengejutkan dalam dunia ‘jailbreak‘, dimana sebuah Microsoft Surface yang menjalankan Windows RT dikabarkan telah berhasil di jailbreak dalam sebuah blog.

Sebuah tool untuk melakukan untuk melakukan jailbreak Windows RT dirilis dalam forum xda developers oleh seorang pengguna yang menggunakan username netham45 yaitu Windows RT Jailbreak Tool.

Dengan menggunakan tool jailbreak ini, pengaturan Windows RT Kernel pada sistem operasi Windows RT diubah sehingga memungkinkan Windows RT untuk menjalankan aplikasi desktop pada umumnya.

Microsoft pun telah melakukan konfirmasi kepada TNW, bahwa tidak ada ‘lubang’ keamanan yang perlu ‘ditambal’ untuk mengatasi hal ini, tetapi Microsoft mengakui bahwa ini adalah suatu masalah yang akan mereka selesaikan di masa depan.

Bagi pengguna Windows RT, Anda tidak perlu khawatir. Konsep jailbreak ini sepertinya mirip dengan konsep jailbreak pada iOS, di iOS melakukan jailbreak atau tidak adalah pilihan Anda, dan jika melakukan jailbreak maka Apple tidak akan menanggung resiko-resiko yang mungkin terjadi pada gadget iOS Anda, serta garansi Anda akan langsung hilang ketika Anda melakukan jailbreak.

Jadi sebaiknya Anda tidak perlu melakukan hal ini kepada gadget Anda yang menjalankan sistem operasi Windows RT. Bukankah jika Anda memiliki sebuah karya, Anda ingin hasil karya Anda dihargai oleh orang lain?

 

Sumber gambar: Maricopa County Jail

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.