Samsung Memperkenalkan Prosesor 8 Core

Samsung Exynos

Merasa prosesor quad-core di smartphone seperti Galaxy S3 dan Galaxy Note 2 masih kurang cepat? Samsung baru saja meluncurkan Exynos 5 Octa, sebuah prosesor yang memiliki delapan inti (octa-core)! Samsung mengklaim bahwa prosesor ini akan dua kali lebih cepat ketimbang pendahulunya, Exynos 4 Quad.

Setelah sempat dirumorkan dua bulan lalu bahwa Samsung akan meluncurkan prosesor octa-core, akhirnya prosesor misterius tersebut pun menampakkan diri bersamaan dengan event tahunan CES 2013 yang sedang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat.

Berdasarkan laporan dari Engadget, prosesor ini berisi sepasang prosesor quad-core, yaitu prosesor A15 1,8GHz dan A7 1,2 GHz. Nantinya kedua prosesor tersebut akan bekerja sama tergantung kebutuhan. Samsung mengatakan bahwa performa gaming 3D di prosesor ini akan dua kali lebih baik dari yang tersedia saat ini.

Ini artinya smartphone maupun tablet yang akan dikeluarkan oleh Samsung ke depannya akan jauh lebih cepat daripada yang sekarang. Kalau Galaxy Note 2 saja memiliki performa yang sudah hampir setara dengan PC, bagaimana performa smartphone Samsung yang menggunakan Exynos 5 Octa ini, ya?

 

*Ikuti berita-berita menarik seputar Consumer Electronic Show (CES) 2013 di Las Vegas, Amerika Serikat pada halaman CES 2013.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.