IllumiRoom dari Microsoft Research, Pertunjukan Multimedia di Ruang Keluarga Anda

Microsoft IllumiRoom

Merasa teknologi 3D masih kurang keren? Sebuah proyek dari Microsoft Research ini akan membuat Anda terpukau. Dengan teknologi yang masih dalam tahap pengembangan ini, Anda akan dapat menyaksikan ruangan Anda ikut menampilkan gambar di TV Anda, menghasilkan sebuah pertunjukan multimedia yang keren, langsung di ruang keluarga Anda!

Sekali lagi Microsoft membuat sebuah inovasi untuk ruang tamu Anda, setelah sebelumnya mereka membuat Kinect, sebuah perangkat motion sensor yang sangat populer di seluruh dunia.

Proyek IllumiRoom ini didesain oleh Brett Jones, Hrvoje Benko, Eyal Ofek dan Andy Wilson, dan menurut keterangan Microsoft, teknologi ini akan “menembus batas kualitas hiburan di ruang keluarga dengan cara menyatukan dunia virtual dan dunia nyata dengan memanfaatkan proyeksi visual.” Microsoft juga menambahkan bahwa animasi-animasi yang terdapat di video di bawah ini terjadi di dunia nyata, dan tanpa tambahan efek.

IllumiRoom menggunakan kamera Kinect for Windows dan sebuah proyektor untuk “menghapus” batas antara gambar di dalam layar televisi dengan dunia nyata, dan kemudian akan “menyatukan” kedua dunia tersebut.

Pertama-tama Kinect akan melihat bentuk ruangan untuk menyesuaikan gambar yang akan ditembakkan oleh sebuah proyektor ke sekitar televisi Anda. Setelah diketahui bagaimana bentuk ruangan Anda, maka proyektor pun akan menembakkan gambar yang telah disesuaikan untuk ruangan Anda ke sekitar TV Anda, sehingga barang-barang dan perabotan yang ada di sekitar TV Anda pun akan ikut menyala dan menampilkan multimedia yang sedang Anda tonton.

Teknologi ini sampai sekarang masih berbentuk konsep, jadi mungkin tidak akan muncul dalam waktu dekat. Tapi Microsoft berhasil menunjukkan bahwa teknologi ini benar-benar bisa direalisasikan, melalui video singkat yang di-upload di YouTube beberapa jam yang lalu. Mari kita lihat video tersebut di bawah ini.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.