Xperia Z dan ZL, Super Smartphone Terbaru dari Sony

Xperia Z

Di ajang CES 2013 yang sedang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, Sony memperkenalkan dua buah smartphone yang akan menjadi smartphone andalan mereka di tahun 2013 ini, yaitu Xperia Z dan Xperia ZL. Kedua smartphone tersebut sama-sama memiliki layar beresolusi full HD (1080p)!

Sudah menjadi kebiasaan Sony untuk memperkenalkan smartphone terbaru mereka di ajang CES, tidak seperti vendor lain yang lebih memilih Mobile Word Congress (MWC) sebagai tempat untuk memperkenalkan produk mereka. Tidak terkecuali tahun ini, Sony memperkenalkan dua smartphone terbaru mereka, Xperia Z dan Xperia ZL.

Kedua smartphone tersebut memiliki layar 5 inci dengan resolusi 1080p (1080×1920), resolusi yang diprediksi akan semakin populer digunakan di ponsel pintar di tahun 2013 ini. Selain itu smartphone tersebut juga merupakan smartphone pertama dari Sony yang menggunakan prosesor quad-core. Untuk sistem operasinya sendiri menggunakan Android 4.1, dan tidak lama lagi akan di-upgrade menjadi Android 4.2.

Xperia Z

Xperia Z diperkuat oleh prosesor quad core Snapdragon S4 Pro dari Qualcomm dengan kekuatan 1,5 GHz. Baterainya sendiri memiliki kapasitas 2,330 mAh, sehingga cukup besar untuk ukuran smartphone.

Sony Xperia Z 002 Sony Xperia Z 003

Bagi Anda yang mencintai fotografi, Xperia Z memiliki kamera beresolusi 13 megapiksel, yang dilengkapi dengan sensor Exmor RS. Ada juga fitur burst mode yang memungkinkan Anda untuk mengambil 10 gambar per detik secara terus menerus sampai baterainya habis, memori penuh, atau Anda bosan.

Dilihat secara sekilas, Xperia Z mirip dengan smartphone pada umumnya, dan memiliki bentuk yang (benar-benar) kotak. Berbeda dengan smartphone lain yang pinggirannya curve, Xperia Z memiliki pinggiran yang tajam, yang mungkin akan janggal apabila digenggam dengan tangan.

Xperia Z memiliki berat hanya 140 gram dan ketebalan 7,9 mm, dan di sisi depan dan belakangnya terlindung dengan Gorilla Glass, seperti halnya Nexus 4.

Salah satu keunggulan lain dari Xperia Z adalah smartphone ini water resistantSmartphone ini disebut-sebut dapat ditaruh di air berkedalaman satu meter selama maksimal 30 menit. Bahkan dalam keadaan basah, Anda tetap dapat menggunakan touch screen yang ada, berkat teknologi wet finger tracking dari Sony.

Xperia ZL

Selain Xperia Z, Sony juga memperkenalkan Xperia ZL. Memiliki spesifikasi yang sangat mirip dengan Sony Xperia Z, ZL juga memiliki layar 5 inci yang sama, dengan resolusi 1080p. Yang menjadi pembedanya adalah Xperia ZL lebih tebal, bagian belakangnya bukan Gorilla Glass, dan tidak water resistant.

Kedua smartphone tersebut akan mulai tersedia di berbagai belahan dunia pada akhir kuartal pertama tahun 2013 (Maret). Sayangnya belum ada kabar mengenai berapa harga smartphone ini saat diluncurkan. Dan mengingat bulan Maret sudah cukup dekat, mari kita mulai menabung dari sekarang!

Sambil menabung, mari kita lihat video tentang Xperia Z dari Sony di bawah ini.

 

 

*Ikuti berita-berita menarik seputar Consumer Electronic Show (CES) 2013 di Las Vegas, Amerika Serikat pada halaman CES 2013.

Foto: Facebook Sony Mobile Indonesia

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.