Microsoft Mempensiunkan Messenger dan Menggantinya dengan Skype

skype-windows-messenger

Setelah sebelumnya dirumorkan bahwa Microsoft akan mempensiunkan aplikasi Windows Live Messenger dan diganti dengan Skype, sejak kemarin Microsoft telah mengkonfirmasikan kebenaran hal ini dengan cara mengirimkan email kepada para pengguna Messengernya. Ya, Microsoft secara resmi akan segera mempensiunkan Messenger dan menggantinya dengan Skype.

Seperti diberitakan oleh TheNextWeb, Microsoft akan menghentikan pelayanan terhadap Messenger dan semua pengguna Messenger akan dimigrasikan ke Skype pada tanggal 15 Maret 2013. Skype merupakan perusahaan yang diakuisisi oleh Microsoft dengan nilai US$8,5 milyar pada Oktober tahun 2011 lalu.

Artinya, umur Messenger kira-kira tinggal dua bulan lagi sebelum ia benar-benar dipensiunkan oleh Microsoft. Berikut ini adalah gambar screenshot email yang diterima oleh TheNextWeb oleh Microsoft:

Skype Messenger

Dan bagian utama email berisikan:

On 15th March 2013 we are retiring the existing Messenger service globally (except for mainland China where Messenger will continue to be available) and bringing the great features of Messenger and Skype together. Update to Skype and sign in using a Microsoft Account (same as your Messenger ID) and all your Messenger contacts will be at your fingertips. You’ll be able to instant message and video chat with them just like before, and also discover new ways of staying in touch with Skype on your mobile and tablet.

Pada 15 Maret 2013 kami akan mempensiunkan layanan Messenger yang ada secara global (kecuali untuk daratan Cina di mana Messenger akan terus tersedia) dan membawa fitur yang besar dari Messenger dan Skype secara bersama-sama. Gunakanlah Skype dan masuk dengan menggunakan akun Microsoft (sama dengan ID Messenger) dan semua kontak Messenger Anda akan tersedia. Anda akan dapat melakukan instant message dan video chat dengan mereka seperti sebelumnya, dan juga menemukan cara-cara baru untuk tetap berhubungan dengan Skype di ponsel dan tablet Anda.

Artinya hanya di Cina Microsoft tidak mempensiunkan Messenger, semua pengguna Messenger yang ingin terus menggunakan layanan ini sebaiknya langsung saja mendownload Skype secara gratis melalui websitenya. Sebelumnya kabar mengenai pensiunnya Messenger pernah diberitakan Microsoft dan mereka mengatakan hal tersebut akan dilakukan pada kuartal pertama tahun 2013 dan hari inilah tanggal resminya diumumkan.

Skype sendiri saat ini sudah mempunyai 280 juta pengguna aktif bulanan, angka ini meningkat 100 juta sejak Skype dibeli oleh Microsoft. Sebenarnya hal ini adalah sebuah langkah yang tepat untuk Microsoft, Skype, dan Messenger, karena para pengguna tidak lagi perlu memiliki dua aplikasi untuk melakukan hal yang kurang lebih sama yaitu berinteraksi melalui dunia maya. Tetapi bedanya adalah Messenger fokus kepada instant message, dan Skype fokus pada video chat. 

Jadi, sekarang Anda cukup memiliki satu buah aplikasi yang tersedia di berbagai platform (termasuk Android, iOS) untuk melakukan kedua hal tersebut. Memudahkan Anda bukan? Selain itu integrasi Skype dengan Facebook yang selama ini sudah ada juga semakin membuat Anda mudah menjangkau teman-teman Anda.

Apakah Anda masih menggunakan Messenger atau Windows Live Messenger dari Microsoft? Bersiaplah bermigrasi!

 

Sumber gambar: VentureBeat

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.