Gorilla Glass Generasi Ketiga

Gorilla Glass 3

Corning baru saja memperkenalkan generasi terbaru dari kaca super kuat buatan mereka yang sangat populer di jajaran smartphone papan atas dunia, Gorilla Glass. Gorilla Glass generasi ketiga ini disebut-sebut tiga kali lebih tahan terhadap goresan dibandingkan dengan Gorilla Glass generasi sebelumnya.

Setelah sebelumnya Gorilla Glass 2 dibuat sama kuatnya dengan Gorilla Glass 1, tetapi memiliki fisik yang lebih tipis, tahun ini Corning merilis Gorilla Glass 3, yang lebih berfokus pada kekuatan. Menurut catatan dari Engadget, Corning mengklaim bahwa Gorilla Glass 3 tiga kali lebih tahan terhadap goresan, mengurangi goresan yang tampak sebesar 40%, dan peningkatan kekuatan sebesar 50%.

Perlu diingat bahwa bukan berarti dengan gadget Anda menggunakan Gorilla Glass 3 maka gadget tersebut dapat terjatuh tanpa perlu takut retak, karena ketahanan yang dimaksudkan di sini adalah ketahanan terhadap gesekan maupun benturan benda lain. Kini apabila Anda menaruh gadget Anda di dalam kantong dan bergesekan dengan kunci mobil, Anda tidak perlu takut lagi layar gadget kesayangan Anda tersebut akan lecet-lecet.

Untuk melihat ketahanan dari Gorilla Glass 3 ini, Corning juga memberikan demonstrasi langsung di CES 2013 yang sedang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat. Di dalam video tersebut tampak Gorilla Glass “diseruduk” oleh bola besi berbobot 135 gram, yang dapat membengkokkan lempeng aluminium. Nampak Gorilla Glass 3 tidak mengalami kerusakan apapun. Bahkan ditunjukkan juga Gorilla Glass 3 ditekan dengan tekanan sebesar 100 pon (45 kilogram). Mari langsung saja tonton videonya di bawah ini, hasil laporan dari MobileSyrup.

 

 

*Ikuti berita-berita menarik seputar Consumer Electronic Show (CES) 2013 di Las Vegas, Amerika Serikat pada halaman CES 2013.

Gambar: Corning

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.