Qualcomm Meluncurkan Prosesor Snapdragon 800

qualcomm-snapdragon

Dalam acara CES 2013 di Las Vegas, Amerika Serikat, Qualcomm memanfaatkannya untuk meluncurkan prosesor mobile seri terbarunya, yaitu Snapdragon 800. Prosesor ini adalah prosesor untuk gadget mobile yang high-end baik itu untuk smartphone dan tablet.

Qualcomm dalam blognya mengatakan, prosesor Snapdragon 800 dikatakan memiliki kemampuan 75% lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan prosesor Qualcomm Snapdragon versi sebelumnya yaitu Snapdragon S4. Tetapi selain kemampuan yang bertambah 75%, Qualcomm juga mengatakan bahwa prosesor ini juga ramah terhadap baterai gadget. Jadi Anda tak perlu khawatir prosesor ini akan menghabiskan banyak tenaga baterai gadget Anda nantinya.

Kecepatan prosesor ini bisa mencapai 2,3 GHz dengan menggunakan quad-core Krait 400 CPU. Sebagai gambaran dalam bahasa yang lebih sederhana, jika gadget Anda menggunakan prosesor ini, maka prosesor ini akan mendukung kemampuan gadget dengan menggunakan kamera hingga 55 megapixel, dengan multichannel high definition audio.

Prosesor ini juga memiliki kualitas grafis dua kali lebih cepat dibanding pendahulunya. Prosesor grafisnya bernama Adreno 330 GPU, selain memiliki kemampuan yang dua kali lebih cepat, juga ditambahkan beberapa teknologi baru yang berguna untuk meningkatkan performa grafis secara keseluruhan.

Untuk koneksi wireless, pada prosesor ini menggunakan teknologi Wi-Fi terbaru yang saat ini ada yaitu 802.11ac dengan kecepatan melebihi 1 Gbps. Teknologi wireless ini sama dengan yang digunakan oleh router Wi-Fi terbaru dari Cisco dan rumor Mac yang akan datang.

Dengan prosesor berkemampuan seperti ini, bisa jadi smartphone dan tablet high-end yang nanti menggunakannya lebih cepat dari komputer atau laptop Anda saat ini. Tetapi Qualcomm tak sendirian, masih ada beberapa pesaing prosesor yang kurang lebih sama kuat lainnya yaitu NVIDIA Tegra 4 yang baru saja diluncurkan dan Apple A6X.

Persaingan prosesor dalam teknologi mobile ini mengingatkan kita pada persaingan yang sebelumnya pernah terjadi pada era PC masih berjaya, dimana pemain utamanya adalah Intel dan AMD. Tetapi tentu saja era PC sudah lewat dan kita tentu tahu siapa yang sudah memenangkannya. Menarik kita simak perkembangan teknologi mobile ke depannya.

 

*Ikuti berita-berita menarik seputar Consumer Electronic Show (CES) 2013 di Las Vegas, Amerika Serikat pada halaman CES 2013.

Sumber gambar: Mashable

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.