PaperTab, Tablet Fleksibel Setipis Kertas

PaperTab

Masih ingatkah Anda dengan konsep teknologi masa depan? Apakah tablet PC yang ada saat ini bagi Anda masih tebal dan berat? Perkenalkan, PaperTab, tablet PC berukuran 10,7 inci yang tebalnya hampir sama dengan kertas dan memiliki layar fleksibel.

Gadget ini dikembangkan oleh Intel, Plastic Logic, dan Queen’s University, PaperTab merupakan tablet yang memiliki layar sentuh yang fleksibel. Inikah tablet generasi selanjutnya?

Dalam video dijelaskan bahwa PaperTab dapat digunakan oleh para pengguna untuk mengirim email, mengirim file, melakukan navigasi dengan gerakan tangan dan sentuhan antar PaperTab. PaperTab juga dapat digabungkan menjadi suatu tampilan layar yang lebih besar dan saling berhubungan.

PaperTab menggunakan prosesor Intel i5, berukuran 10,7 inci, dan menggunakan layar sentuh fleksibel. Ryan Brotman, Research Scientist, Intel Elaborates mengatakan:

Within five to ten years, most computers, from ultra-notebooks to tablets, will look and feel just like these sheets of printed color paper.

Dalam waktu lima sampai sepuluh tahun, kebanyakan komputer, dari ultra-notebook untuk tablet, akan terlihat dan terasa seperti ini lembar kertas warna cetak.

Indro Mukerjee, CEO of Plastic Logic menambahkan:

Plastic Logic’s flexible plastic displays are completely transformational in terms of product interaction. They allow a natural human interaction with electronic paper, being lighter, thinner and more robust compared with today’s standard glass-based displays. This is just one example of the innovative revolutionary design approaches enabled by flexible displays.

Layar plastik fleksibel dari Plastic Logic benar-benar mentransformasi dallam hal interaksi produk. Produk ini memungkinkan interaksi manusia alami dengan kertas elektronik, yang lebih ringan, lebih tipis, dan lebih kuat dibandingkan dengan standar saat ini berbasis layar kaca. Ini hanyalah salah satu contoh dari pendekatan desain inovatif revolusioner dihasilkan oleh layar fleksibel.

Meskipun dalam video tersebut nampaknya PaperTab masih memiliki warna yang terbatas dibandingkan dengan layar yang ada pada saat ini, tetapi yang jelas teknologi ini sudah ada dan rasanya tinggal menunggu waktu saja teknologi ini akan bisa menandingi kehebatan layar yang ada saat ini.

Bagaimana menurut Anda?

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.