NVIDIA Memperkenalkan Prosesor Tegra 4 dan Project Shield

NVIDIA Tegra 4

NVIDIA baru saja memperkenalkan CPU mobile terbaru mereka, Tegra 4, melalui Keynote mereka di sebuah venue di Las Vegas, dalam rangka CES 2013. Prosesor ini dikabarkan memiliki kemampuan mengolah gambar enam kali lebih baik ketimbang pendahulunya, Tegra 3. Selain itu, NVIDIA juga memperlihatkan Project Shield, sebuah perangkat handheld gaming berbasis Android yang diperkuat oleh, tentu saja, Tegra 4.

Tegra 4

Tegra 4

Tegra 4 adalah generasi terbaru dari CPU Tegra keluaran NVIDIA. Memiliki 72 core di dalam GPU-nya, Tegra 4 disebut-sebut memiliki kekuatan pengolahan grafis enam kali lebih baik ketimbang Tegra 3. Tegra 4 juga memiliki prosesor quad-core ARM Cortex A-15, prosesor terkuat di ranah mobile saat ini. Selain itu Tegra 4 juta mendukung 4G LTE.

Menurut laporan dari TechnoBuffalo, di saat event peluncuran Tegra 4, NVDIA membandingkan Tegra 4 dengan tablet tercepat di dunia saat ini (berdasarkan riset mereka sendiri), yaitu Nexus 10. NVDIA membandingkannya dengan cara membuka 25 halaman website di depan para penonton. Dan tentu saja, perangkat yang diperkuat Tegra 4 ternyata jauh lebih cepat daripada Nexus 10.

Project Shield

Project Shield

Di saat yang bersamaan, NVIDIA juga memperkenalkan perangkat yang saat ini diberi judul Project Shield, sebuah perangkat handheld gaming yang diperkuat oleh Tegra 4, dan juga Android. Memiliki bentuk seperti handheld console pada umumnya, Shield memiliki layar berukuran 5 inci dengan resolusi 1280×720, dua buah tombol analog, joystick, dan lima buah tombol khusus di bagian tengahnya.

Untuk urusan input output, Shield menggunakan berbagai macam port standar, seperti microUSB, microSD, dan HDMI.

Perangkat ini dikabarkan memiliki baterai yang cukup kuat apabila digunakan untuk bermain game selama 5-8 jam, atau memutar video HD sepanjang 24 jam. Perangkat ini nantinya dapat dipergunakan untuk men-download game dari Google Play dan NVIDIA TegraZone, dan dapat menampilkan game STEAM dari PC Anda, apabila PC Anda diperkuat oleh GPU GeForce GTX dari NVIDIA.

 

*Ikuti berita-berita menarik seputar Consumer Electronic Show (CES) 2013 di Las Vegas, Amerika Serikat pada halaman CES 2013.

Gambar: NVIDIA

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.