Selamat Tinggal PlayStation 2

Sony PlayStation2

Salah satu konsol game ternama dari Sony, yaitu Sony Play Station 2 sudah berhenti diproduksi mulai saat ini. PlayStation 2 sempat nge-hits di tahun 2000-an dan sudah terjual hampir 150 juta unit di seluruh dunia.

Pihak Sony telah mengabarkan The Guardian bahwa Sony PlayStation 2 telah diberhentikan proses produksinya dan proses distribusinya di seluruh dunia. Setelah 12 tahun berjaya di bidang konsol game, Sony pun akhirnya memutuskan untuk tidak membuat lagi PS 2 tersebut.

PlayStation 2 ini merupakan salah satu konsol game yang sangat populer mengikuti pendahulunya. Sony membuat keputusan yang tepat untuk menyatukan DVD player ke dalam PS2. Hal ini membuat PS2 menjadi booming dan mengalahkan Nintendo GameCube dan Sega DreamCast. PS2 adalah salah satu konsol game yang wajib dimiliki saat itu. Siapa yang tak kenal Final Fantasy, Grand Theft Auto, dan Metal Gear Solid.

Sekarang ini, konsol game terkadang hanya merupakan salah satu kotak main game yang tak terlihat. Kehadiran smartphone, tablet, pc, dan smart tv telah menguasai dunia teknologi saat ini. Apalagi dengan memiliki gadget tadi, semua permainan bisa di-download dengan murah. Konsol game tentu kalah untuk hal ini.

Sony pun sekarang tengah berjuang untuk PS Vita yang hanya terjual 4 juta unit dalam 10 bulan. Sedangkan iPhone, iPad, dan iPod terjual lebih dari 200 juta unit di tahun 2012 lalu. PlayStation 3  yang dirilis tahun 2006 pun tidak dapat mengikuti kesuksesan PlayStation 2. Sony akan merilis konsol game baru, yaitu PlayStation 4. Mungkin, PlayStation 4 dan Xbox 720 adalah generasi terakhir konsol game. Kompetisi dengan gadget sekarang ini akan sangat sulit dibandingkan tahun 2000 silam.

Selamat tinggal PlayStation 2 !

fold-left fold-right
About the author
Marchella Loofis - Mahasiswa Jurusan Sastra China Binus University yang cinta blogging, musik, film, dan gadget. Ia adalah seorang penulis di Techrity. Kenal lebih lanjut lewat Twitter , blog pribadi, dan email.