Pengguna Windows Phone Tidak Bisa Mengakses Google Maps, Google dan Microsoft Berselisih?

Windows Phone 8

Sebelumnya aplikasi Google Maps memang belum ada di Windows Phone, tetapi para pengguna Windows Phone dapat mengaksesnya melalui browser yang ada di Windows Phone 7 dan Windows Phone 8 yaitu Internet Explorer. Namun semenjak semalam, para pengguna Windows Phone mengaku mereka tidak bisa mengakses Google Maps melalui browser yang ada di smartphone mereka.

Seperti yang diberitakan oleh TheVerge, sebagian para pengguna Windows Phone mengaku bahwa ketika membuka website Google Maps, para pengguna secara otomatis di redirect ke halaman utama website Google dan hal ini banyak terjadi pada para pengguna Windows Phone 7 dan 8.

Menurut Gizmodo, sepertinya Google sengaja melakukan pemblokiran akses Google Maps bagi para pengguna Windows Phone yang menggunakan browser Internet Explorer.

Apa yang sebenarnya terjadi antara Microsoft dan Google? Menurut TheVerge, hal ini diawali beberapa minggu lalu ketika Google mengumumkan rencananya untuk pindah dari Microsoft’s Exchange platform.

Kemudian Gizmodo memberikan update mengenai hal yang terjadi:

Update 1:

Juru bicara Google mengkonfirmasikan hal tersebut kepada Gizmodo:

The mobile web version of Google Maps is optimized for WebKit browsers such as Chrome and Safari. However, since Internet Explorer is not a WebKit browser, Windows Phone devices are not able to access Google Maps for the mobile web.

Google Maps versi mobile web dioptimasi dengan menggunakan WebKit browser seperti Chrome dan Safari. Namun, karena Internet Explorer bukan WebKit browser, perangkat Windows Phone tidak bisa mengakses Google Maps versi mobile web.

Update 2:

Juru bicara Microsoft merespon konfirmasi juru bicara Google sebelumnya:

Internet Explorer in Windows Phone 8 and Windows 8 use the same rendering engine.

Internet Explorer di Windows Phone 8 dan Windows 8 menggunakan mesin rendering yang sama.

 

Pada update 1 juru bicara Google tidak menjelaskan mengapa sebelumnya para pengguna Windows Phone tidak pernah bermasalah menggunakan Google Maps dari browser Internet Explorer mereka. Apakah ini berarti Google memang secara sengaja melakukan pemblokiran tersebut?

Gizmodo sendiri menjelaskan bahwa mereka (di Amerika Serikat) ketika membuka website Google Maps melalui Lumia 920, Windows Phone 8, secara langsung di redirect ke halaman utama Google. Sedangkan ketika mereka membuka website Google Maps UK (http://maps.google.co.uk), mereka masih bisa membukanya dengan lancar, seakan-akan Google lupa untuk memblokirnya.

Jika demikian, apakah ini benar-benar permasalahan WebKit browser itu merupakan kebohongan? Atau justru untuk menutup-nutupi hal lain yang sebenarnya sedang terjadi antara Google dan Microsoft. Dan pada update 2, juru bicara Microsoft menjelaskan bahwa browser Internet Explorer di Windows 8 dan Windows Phone 8 pada dasarnya sama. Artinya, jika pernyataan pada update benar, maka seharusnya para pengguna Windows 8 dan Internet Explorer 10 juga tidak bisa membuka Google Maps.

Apa yang sebenarnya terjadi antara Google dan Microsoft?

 

Sumber gambar: TheVerge

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.