Jelly Bean Kini Ada di 10% Perangkat Android

Android

Berdasarkan data yang dirilis oleh Google, Jelly Bean (Android 4.1 dan 4.2) kini memperkuat 10% perangkat Android di seluruh dunia. Sementara itu Android 2.3 Gingerbread masih merupakan versi Android yang paling banyak di pasaran dengan populasi 47%.

Android Distribution 2013-01-03

Angka tersebut merupakan angka resmi yang dirilis oleh Google di halaman Android Developer. Perangkat Android yang tercatat di sini adalah perangkat yang mengakses Google Play dalam kurun waktu dua minggu, mulai dari pertengahan Desember 2012 hingga 3 Januari 2013 yang lalu.

Selain itu Android 1.6 Donut juga sudah hampir “punah” dan hanya menyisakan 0,2% dari populasi Android yang mengakses Google Play, dan Android 1.5 Cupcake sendiri bahkan sudah tidak masuk ke dalam diagram, mungkin karena sudah “punah”.

Yang menarik di sini adalah Android 2.3 Gingerbread, sama seperti sebelumnya, yang sampai sekarang masih merajai persebaran versi Android di dunia, dengan angka 47,4% atau nyaris setengah dari seluruh perangkat Android yang ada. Salah satu hal yang menyebabkannya adalah karena banyaknya vendor-vendor, seperti di Indonesia, yang membuat perangkat Android dengan spesifikasi nanggung dan diisi Android 2.3, menjualnya, dan tidak pernah meng-update-nya, sehingga banyak pengguna yang “terjebak” di Android 2.3 dan tidak pernah merasakan versi Android yang lebih baru.

Sementara itu Android 3.1 dan 3.2 Honeycomb hanya ada di 1,5% perangkat Android di seluruh dunia, karena Android Honeycomb adalah Android yang didesain khusus untuk tablet, dan kebanyakan tablet Honeycomb sendiri sudah di-upgrade ke Ice Cream Sandwich, yang sekarang menguasai 29,1% perangkat Android di pasaran.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.