Toyota Sudah Memiliki Mobil Tanpa Pengemudi, Seperti Apa Teknologi Tersebut?

lexus-ls-460

Selama ini mobil tanpa pengemudi sudah sangat dikembangkan dan digunakan oleh Google dalam project Google driverless car. Kini Toyota dikabarkan juga tengah menyiapkan suatu kejutan berupa driverless car untuk acara Consumer Electronics Show (CES), yang merupakan acara yang diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat.

Seperti diberitakan oleh Wall Street Journal, Toyota akan menyiapkan mobil kelas atasnya yang tidak akan menggunakan pengemudi alias driverless car, Lexus LS 600h, dilengkapi dengan radar dan kamera.

Para pembuat mobil pun nampaknya sudah semakin mengimplementasikan dan mengintegrasikan teknologi-teknologi yang ada saat ini, seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh Kia dengan Google Maps dan Hyundai dengan NFC. Sebenarnya tren mobil tanpa pengemudi ini, seperti yang telah disebutkan di atas, telah lebih dulu dimulai oleh Google melalui mobil Street View-nya.

Google dalam project Google driverless car mengklaim bahwa mobil tanpa pengemudi pada akhirnya akan menyelamatkan nyawa, karena mereka menghilangkan unsur manusia yang seringkali menjadi penyebab kecelakaan. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Google driverless car, simak video berikut ini.

Jadi apakah setelah selama ini peperangan dalam dunia otomotif yang belakangan selalu terkait teknologi hijau akan segera bergeser menjadi peperangan dalam mengembangkan teknologi mobil tanpa pengemudi? Bagaimana menurut Anda? Bayangkan saja jika suatu saat nanti Anda tidak hanya memiliki mobil yang sangat ramah lingkungan, tetapi Anda juga tidak perlu lagi menyetir mobil Anda sendiri, cukup tentukan tujuan Anda, arah yang ingin Anda tentu, dan mobil itu jalan dengan sendirinya dan aman. Hmm, dunia terasa sangat indah bukan?

 

Sumber gambar: Lexus, Toyota

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.