[Intermezzo] Pembunuh Virtual Untuk Anak Kecanduan Game di China

online game addiction

Sempat terdengar kabar lalu, kalau ada anak kecanduan game yang bermain non-stop selama 40 jam telah meninggal dunia. Game memang sangat adiktif. Orangtua pun kadang mengkhawatirkan anak-anaknya yang kecanduan game. Untuk mengatasi ini, ada pembunuh virtual yang dipekerjakan oleh orangtua.

Menurut Kotaku via People China, karena sudah lelah dan tak tahan akan tingkah anaknya yang kecanduan game, seorang ayah dari anak di China mempekerjakan pembunuh virtual untuk mengganggu anaknya yang sedang bermain game. Anak tersebut bernama Xiao Feng yang telah berumur 23 tahun. Bukannya mencari kerja, anaknya malah ketagihan bermain game secara terus menerus.

Pembunuh virtual itu sendiri adalah istilah dari Griefer, seorang pemain dalam game multiplayer (contoh : Line Age & Dota) yang tugasnya untuk membunuh atau mengganggu entah dalam cara apapun. Bisa saja mencuri, memukul, ataupun membunuh. Tentu saja, pemain griefer ini punya level yang lebih tinggi dari si pemain yang ingin diganggunya.

Menurut ayah Xiao Feng, Xiao Feng punya nilai buruk di sekolahnya. Bahkan, sekarang ini Xiao Feng belum mempunyai pekerjaan. Ayahnya pun telah mencari pekerjaan untuk anaknya, tapi belum ada yang cocok. Tak kuasa, ayahnya pun akhirnya mengutus griefer. Setelah mengutus griefer, ayahnya berharap anaknya akan bosan karena kalah terus dalam permainan, sehingga ia bisa fokus mencari pekerjaan.

Akhirnya, usaha ayahnya ini berhasil. Xiao Feng pun akhirnya menghadap ayahnya dan mengatakan kalau ia sedang mencari waktu untuk mencari pekerjaan yang cocok baginya. Ayahnya pun lega. Tapi, belum diketahui apakah griefer tersebut masih dipakai atau sudah dicabut, atau bahkan Xiao Feng sudah mendapatkan pekerjaannya. Alhasil, cara ini sekarang terkenal di kalangan orang tua untuk mengingatkan anaknya.

Sumber Gambar : China Mike

fold-left fold-right
About the author
Marchella Loofis - Mahasiswa Jurusan Sastra China Binus University yang cinta blogging, musik, film, dan gadget. Ia adalah seorang penulis di Techrity. Kenal lebih lanjut lewat Twitter , blog pribadi, dan email.