Fitur-fitur Google Image Search untuk Pencarian yang lebih Komprehensif

Google Image Search

Google adalah mesin pencari paling populer di dunia, semua tahu itu. Selain memungkinkan Anda mencari dalam bentuk teks biasa, Sejak tahun lalu Google juga memiliki fitur untuk mencari dengan menggunakan gambar. Tahukah Anda, bahwa ada berbagai hal menarik di balik Google Image Search?

Pencarian melalui gambar adalah fitur yang diluncurkan oleh Google pada tahun lalu. Fitur ini memungkinkan Anda untuk meng-upload sebuah gambar ke dalam antarmuka Google.com (atau Google.co.id), dan Google pun akan mencari gambar-gambar sejenis yang berada di seantero internet. Selengkapnya mengenai ini dapat Anda lihat di halaman ini.

Untuk terus membuat pencarian dengan gambar lebih bermanfaat, Google kerap meluncurkan perubahan pada algoritma untuk fitur ini.  Ada fitur-fitur yang sangat menarik untuk diketahui, seperti tebakan-tebakan pintar, knowledge graph, dan juga hasil pencarian yang lebih komprehensif.

Tebakan Pintar

Pada saat mencari dengan gambar, Google menggunakan ‘computer vision’ untuk mencari tahu gambar itu merepresentasi apa dan kemudian menampilkan tebakan terbaik untuk gambar tersebut.

Kadang-kadang memang hasil pencariannya masih salah atau bahkan tidak ada tebakan sama sekali. Namun, Google terus membuat perbaikan untuk memberikan hasil “tebakan terbaik” lebih banyak dan membuat tebakannya lebih akurat. Misalnya, kalau dulu Anda melihat hasil gambar di atas hanyalah “bunga,” sekarang hasilnya lebih seperti di bawah, bahwa itu adalah bunga burung surga atau bird of paradise yang populer di Hawaii.

001

Knowledge Graph

Dengan peluncuran fitur Knowledge Graph pada tahun ini untuk versi Bahasa Inggris (bahasa lainnya akan menyusul), Google mulai memahami dunia lewat pandangan para penggunanya.  Daripada memperlakukan halaman web sebagai kumpulan kata-kata seperti “bunga” atau “kucing,” Google dapat memahami konsep-konsep di balik itu.

Pencarian dengan gambar sekarang menggunakan Knowledge Graph: jika Anda mencari dengan gambar yang dikenali oleh sistem, Anda dapat melihat panel tambahan informasi (Knowledge Graph) bersama dengan hasil-hasil pencarian biasa sehingga Anda dapat mempelajari lebih lanjut. Ini bisa menjadi biografi orang terkenal, informasi tentang tanaman atau hewan, atau lebih banyak lagi.

Bahkan konten Knowledge Graph yang tampil di bagian kanan layar tersebut pun dapat diseret ke kotak pencarian untuk memulai pencarian baru lagi. Fitur tersebut dapat dinikmati oleh pengguna Chrome dan Firefox 3.0 ke atas.

002

Hasil Pencarian Komprehensif

Selain mencari informasi mengenai gambar yang Anda upload, Google juga mencari informasi lebih lanjut tentang sebuah gambar adalah penggunaan paling umum dari Pencarian dengan Gambar.  Sering informasi ini ditemukan pada website yang berisi baik gambar Anda atau gambar yang mirip.

Google terus mengembang algoritma pencariannya sehingga apabila foto-foto berita utama mulai muncul di Internet, Anda dapat lebih mudah menemukan berita yang terkait dengan foto-foto itu dalam beberapa menit setelah berita tersebut diposting. Google juga telah memperluas indeks pencarian sehingga Anda dapat menemukan lebih banyak situs yang berisi gambar yang Anda cari dan informasi yang berkaitan.

– Tulisan Sean O’Malley, Software Engineer di Google. Diterjemahkan oleh Google Indonesia, dengan beberapa perubahan dari tim Techrity.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.